ED Habisi Recky Gosal Diadegan ke-19 – Palopo Pos
Utama

ED Habisi Recky Gosal Diadegan ke-19

*Rekonstruksi Pembunuhan Dilakukan 24 Adegan

PALOPO — Polres Palopo menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan Recky Gosal (RG) Bos Toko Inti Sari, Jalan Durian (jalur dua) Kelurahan Dangerakko, Kecamatan Wara, Selasa, 15 Mei 2018.

Reka ulang yang dimulai pukul, 10.15 Wita di Tempat Kejadian Perkara (TKP) Toko Inti Sari, pelaku inisial ED (41) warga Makassar, memperagakan sebanyak 24 adegan.

Adegan ke-19, tepatnya pukul, 07.00 Wita, Kamis malam, 12 April 2018, pelaku menghabisi nyawa korban dengan mencekik leher korban menggunakan tali kawat besi.

Ditonton ribuan pasang mata, pelaku yang wajahnya ditutupi topeng dengan kedua tangan terborgol, memperagakan, satu demi satu adegan.

Adegan ke-7 pelaku memperagakan bagaimana korban merayu pelaku untuk melakukan hubungan intim sesama jenis namun pelaku menolak.

Hingga adegan ke-19 korban yang emosi lantaran nafsunya tidak terpenuhi menghantam dari belakang kepala pelaku menggunakan skup.

Saat itu jarum jam menunjuk pukul 06.50 Wita. Disaat pelaku terjatuh, korban kembali melayangkan sekop, namun pelaku yang masih sadar menangkap sekop hingga terjadi saling tarik-menarik.

Pelaku berhasil merebut sekop kemudian membalas menghantam kepala korban hingga bos pakaian itu rubuh ke lantai.

Tepat pukul 07.00 Wita, pelaku mengambil tali kawat besi yang ada di dalam toko selanjutnya melilitkan kawat tersebut ke leher korban hingga nyaris putus.

Setelah memastikan korban sudah tidak bernyawa, pelaku kelihatan panik dan itu sudah masuk diadegan ke-20.

Adegan ke-21 pelaku mencoba membuka pintu depan toko tetapi tidak bisa. Adegan ke-22 pelaku naik tangga ke lantai dua hingga adegan ke-23 pelaku lompat dari atas jendela dan menghilang.

“Iya, ada 23 adegan yang diperagakan pelaku saat dilakukan rekonstruksi kasus pembunuhan Ricky Gosal.

Melihat situasi aman dan kondusif, sehingga rekonstruksi kita laksanakan di TKP,” kata Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf, yang memimpin langsung rekonstruksi di TKP, Selasa, 15 Mei 2018.

Dalam kasus tersebut, masih kata Ardy Yusuf, pelaku diganjar pasal 338 yang menerangkan bahwa barang siapa yang sengaja menghilangkan nyawa orang lain karena bersalah telah melakukan pembunuhan maka dipidana dengan kurungan penjara selama-lamanya 15 tahun.

“Rekonstruksi ini sebagai pelengkap Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk selanjutnya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Palopo,” pungkasnya. (ded/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top