IMKOP Siapkan 179 Dai Ramadan – Palopo Pos
Indahnya Ramadhan

IMKOP Siapkan 179 Dai Ramadan

PALOPO — Ikatan Muballigh Kota Palopo (IMKOP) menyiapkan 197 orang penceramah untuk memberikan pencerahan agama kepada umat Islam di 197 masjid dan 47 mushalla di Kota Palopo selama Ramadan 1439 Hijriah.

“Para ustadz tersebut berdakwah secara bergilir guna memenuhi santapan rohani umat muslim yang menjalankan ibadah puasa,” kata Sekretaris IMKOP, Ahmad Patola, kepada Palopo Pos, Selasa 15 Mei 2018.

Menurut Ahmad Patola, IMKOP mengupayakan agar setiap malam ada penceramah yang memberikan tausiah di setiap rumah ibadah. Namun, sebutnya, para muballigh yang mengisi tausiyah tarawih tak seluruhnya dikoordinir oleh IMKOP. Pasalnya, sejumlah masjid mengkoordinir penceramah di masjidnya sendiri. Namun tetap berkoordinasi dengan IMKOP.

”Ada sebagian besar masjid yang penceramahnya tak diatur lagi oleh IMKOP. Seperti masjid atau mushalla yang berada di wilayah terpencil jauh dari kota. Tapi mereka tetap berkoordinasi dengan IMKOP,” jelasnya kemarin.

Selain memastikan kuantitas penceramah cukup, IMKOP juga mengupayakan kualitas penceramah terus meningkat melalui berbagai pelatihan. Ia meminta muballigh terus menambah pengetahuan dan mengikuti isu berkembang, agar pesan ceramah bisa lebih menarik di masyarakat.

IMKOP juga terus mengevaluasi isi santapan rohani yang disajikan muballigh demi memastikan tidak ada yang melenceng dari aqidah dan bertentangan dengan nilai-nilai NKRI.

“Saya harapkan para muballigh peka melihat kondisi masyarakat yang majemuk atau heterogen. Ini harus dipahami sebagai kekuatan kita, masyarakat rukun dalam keberagaman.

Kalau terjadi gesekan akan merusak sendi kehidupan, ekonomi menurun, anak-anak pada takut, termasuk para pendakwah itu sendiri,” sebutnya. (rhm/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top