Jam Kantor ASN Dikurangi Selama Puasa – Palopo Pos
Luwu

Jam Kantor ASN Dikurangi Selama Puasa

*Masuk Jam 08.00, Pulang Pukul 13.00

BELOPA — Jika tidak ada aral melintang, mulai Kamis pekan ini umat muslim di Indonesia, pula di Kabupaten Luwu akan memulai menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah puasa bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Luwu akan mengurangi jam kerja ASN selama bulan Ramadan

Sekda Luwu H Syaiful Alam SE, MM kepada harian ini Selasa 15 Mei kemarin mengatakan, selama bulan suci Ramadan 1439 H yang dijadwalkan dimulai pada Kamis pekan ini, jam kerja ASN di lingkungan Pemkab Luwu akan dikurangi.

“Selama ini ASN masuk kerja dari pukul 07.30 WITA dan pulang pukul 16.00 WITA, dibulan suci Ramadan ini mulai hari Senin-Kamis jam kerja dimulai pukul 08.00 hingga 15.00 WITA dan akan beristirahat pukul 12.00-12.30 WITA. Sedangkan pada hari Jumat jam kantor dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 15.30 WITA dengan waktu istirahat disiang hari mulai pukul 11.30 hingga 12.30 WITA. ” ungkap Syaiful Alam.

Syaiful Alam mengatakan pengurangan jam kantor bagi para ASN ini didasari surat edaran Menpan-RB Republik Indonesia, nomor 336/2018, tentang penetapan jam kerja ASN, TNI, Polri pada bulan Ramadan, dimana surat tersebut ditujukan para Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia, dan ditindak lanjuti kepada seluruh pimpinan SKPD baik ditingkat kabupaten hingga kelurahan untuk disampaikan kepada para ASN.

Syaiful Alam mengatakan, tujuan dilakukan pengurangan jam kerja ASN hingga 1,5 jam perhari bagi para PNS ini adalah untuk lebih memberikan kesempatan kepada PNS yang beragama Islam untuk lebih khusyu beribadah di bulan suci Ramadan.

“Apel pagi dan sore hari selama bulan suci Ramadan juga kita tiadakan, dan bagi PNS yang beragama Islam agar melaksanakan salat dhuhur di Masjid Agung Belopa secara berjamaah dan bertadarrus bersama selama beberapa menit, ” tutur Syaiful Alam.

Ia menambahkan ketentuan ini berlaku pada 1 Ramadhan dan akan berakhir setelah cuti bersama hari raya Idul Fitri 1439 H. Dengan demikian, jika selama sepekan di hari biasa PNS Luwu harus bekerja sebanyak 40 jam perminggu, maka selama bulan suci Ramadan berubah menjadi 32,5 jam perminggu.

“Kendati terjadi pengurangan jam kerja ini kami mengimbau PNS untuk tetap menjaga disiplin dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama bulan Ramadan. Dan saya yakin kinerja kita tidak akan kendor bahkan mungkin bertambah selama bulan Ramadan,” pungkas mantan Sekretaris DPRD Luwu ini. (and/him)

Click to comment

Most Popular

To Top