Kalau Jual LPG 3 Kg di Atas HET – Palopo Pos
Metro

Kalau Jual LPG 3 Kg di Atas HET

*Laporkan Agen dan Pangkalan ‘Nakal’ ke Disdag

PALOPO — Menjelang bulan suci Ramadan 1439 hijriah, Dinas Perdagangan kembali mempertegas Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 12 Tahun 2015 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG 3 kg. Ada lima agen dan 500 pangkalan di Kota Palopo diingatkan sanksi tegas yang mereka dapat kalau melanggar.

Diatur di Perwal Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG Rp16.500 per tabung. Kalau yang ada yang menjual di atas HET, jelas melanggar. Disdag telah bersinergi dengan aparat penegak hukum melakukan pengawasan rutin.

”Kita akan berikan sanksi tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tandas Kadis Perdagangan Kota Palopo, Zulkifli Halid, ST, M.Si, kepada Palopo Pos, Selasa 15 Mei 2018, kemarin.

Menjelang bulan suci Ramadan, kadisdag mengeluarkan imbauan kepada para agen.
Ditegaskan kadis, tabung LPG 3 kg untuk Kota Palopo tidak dapat didistribusi ke luar wilayah Kota Palopo, wajib bagi setiap pangkalan untuk memasang identitas pangkalan disertai dengan HET LPG 3 kg. Kemudian setiap agen tidak dibolehkan mendistribusikan langsung ke pengecer dan tidak memindahkan atau menjual kuota pangkalan lainnya.

”Harus berdasarkan daftar distribusi yang telah disusun,” tandasnya.
Untuk mengantisipasi kekurangan tabung LPG 3 kg di masyarakat, agar setiap agen mendistribusikan secara proporsional ke setiap pangkalan dengan melihat tempat pangkalan tersebut berada.

Terakhir, kadisdag mengimbau pangkalan dan agen soal masih adanya temuan pelanggan dalam hal distribusi dan penjualan LPG kg di atas HET. ”Jangan dilakukan lagi. Karena kami sudah bersinergi dengan aparat penegak hukum,” tandasnya.

Kata kadis, itu bentuk peringatan dinas perdagangan ke agen dan pangkalan LPG 3 kg. ”Saya minta partisipasi masyrakat untuk melaporkan kalau ada pelanggaran,” imbuhnya, serius.

Di Kota Palopo, sebutnya, jumlah agen yang melayani pendistribusian LPG sebanyak 5 agen. Stasiun SPBE ada 2. Dan, pangkalan kurang lebih 500. ”Kita tunggu update dari agen karena yang tidak aktif lagi,” paparnya.

Lima agen di Palopo, yakni, PT Putra Kenny, PT Putri Saltika, PT Asharat, PT Mutiara CEU, dan Sang Wahana.

Jumlah tabung 3 kg yang beredar di Kota Palopo mencapai 8.400 tabung tiap hari. Itu ditangani lima agen tersebut. Masing-masing agen mendapat jatah 1.680 tabung. Sementara jumlah pangkalan elpiji 3 kg sebanyak 659, namun yang aktif 500-an pangkalan.

Sebelumnya, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Luwu Raya, Rakhmat Kasjim, menjamin stok dan distribusi gas bersubsidi 3 kg lancar dan cukup di Palopo.

Sedang tabung 5,5 kg tersedia sekira 4.000 unit. Harga isi ulang gas 5,5 kg Rp73 ribu dibulatkan Rp75 ribu per tabung. Harga tabung baru plus isi Rp330 ribu lebih yang dibulatkan jadi Rp340 ribu per tabung. (ary)

Click to comment

Most Popular

To Top