Kemenag Tetapkan Besok Awal Puasa – Palopo Pos
Utama

Kemenag Tetapkan Besok Awal Puasa

PALOPO — Pemerintah telah menetapkan awal puasa jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018, besok.

Hal itu ditetapkan setelah melewati sidang isbat. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan 1 Ramadan pada Kamis, 17 Mei dengan melibatkan sejumlah pihak terkait.

“Maka dengan 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018. Itulah kesimpulan rapat sidang isbat yang diikuti oleh seluruh ormas-ormas Islam Indonesia juga sejumlah duta besar dan perwakilan negara sahabat,” ungkap Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 15 Mei 2018.

Penetapan keputusan itu berdasar pada posisi hilal di Indonesia masih di bawah ufuk atau belum terlihat. Pertimbangan lain berpatokan atas kesaksian Rukyatul Hilal di 32 provinsi tidak juga melihat hilal.

“Pertama terkait posisi hilal dinyatakan bahwa posisi hilal di Indonesia masih di bawah ufuk. Kedua dari pelaku rukyatul hilal yang tersebar di 95 titik tanah air. Sampai sidang isbat tadi kita menerima 32 rukyatul hilal, mereka tidak satupun yang berhasil melihat hilal,” lanjut Lukman.

Atas keputusan itu Lukman menyampaikan selamat menjalan ibadah puasa bagi umat Islam. Dan semoga amal ibadah tersebut dapat membawa kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Peran Muballigh Menghadapi Ramadan, Ketua Ikatan Mubaligh Kota Palopo (IMKOP) Dr Abdul Pirol mengajak untuk saling memperingatkan dalam menghadapi bulan suci Ramadan agar muballig tidak membahas masalah politik. Dengan momen Ramadan ini pula sebagai ajang persatukan umat.

Kepala Kemenag Kota Palopo, Drs H Usman, M.Ag, menjelaskan, dalam menyampaikan dakwahnya para mubaligh tidak meresahkan masyarakat. “Kita harus punya konsep yang baik, berkualitas agar kita dapat terhindar dari polemik yang tak berujung. Saling mengajak kepada kebaikan,” tutur H Usman.

Ia juga menekankan kepada para mubaligh bahwa dalam menyampaikan dakwah tidak membuat masyarakat terkotak-kotak. Untuk itu, dalam dakwah harus mengutamakan esensi dakwah itu sendiri.(jpc/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top