Polres Siaga, Semua Tamu Diperiksa – Palopo Pos
Kriminal

Polres Siaga, Semua Tamu Diperiksa

*Imbas Aksi Teroris Serang Kantor Polisi

PALOPO — Adanya aksi teror bom yang diduga dilakukan teroris dengan cara menabrak pagar Mapolda Riau menggunakan mobil Avanza warna putih serta aksi penyerangan Pos Penjagaan Polrestabes Surabaya membuat jajaran Polres Palopo meningkatkan kewaspadaan.

Nampak sejumlah petugas bersenjata lengkap berjaga-jaga di pintu masuk Polres Palopo. Semua tamu yang datang ke Polres Palopo diperiksa. “Kita tidak ingin kecolongan sehingga dilakukan pemeriksaan. Kita harus melihat siapa yang datang dan apa tujuannya,” tegas Kapolres Palopo AKBP Taswin kepada Palopo Pos, Rabu 16 Mei kemarin.

Setiap masyarakat yang ingin masuk ke dalam Kantor Polres Kutai Kartanegara (Kukar), wajib menjalani pemeriksaan oleh petugas piket jaga. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, melalui Kabag Ops Kompol Andin Wisnu Sudibyo.

Pemeriksaan terhadap semua tamu itu, sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) protap keamanan di Polres Palopo. Baik itu tamu pimpinan, pembesuk tahanan sampai yang ingin mengurus sesuatu pun tidak luput dari pemeriksaan petugas jaga.

“Jadi saya tegaskan bahwa pemeriksaan ini tidak ada pengecualian, siapapun wajib menjalani pemeriksaan jika ingin masuk ke Polres Palopo. Pemeriksaan mulai dari identintas sampai barang bawaan tamu, isi kendaraan, hingga tas yang dibawa oleh tamu,” terang Taswin.

Pemeriksaan terhadap tamu ini dilakukan setiap hari. Kemudian tamu yang membawa kendaraan, wajib membuka kaca serta helm saat memasuki pintu penjagaan di Polres Palopo.

Kapolres Palopo mengeluarkan perintah kepada seluruh jajaran di Mapolres Palopo, agar selalu siaga. Tidak hanya di Mako Polres, tetapi perintah tersebut turun hingga ke Polsek dan Pos Pol termasuk para Babhinkamtibmas.

“Semua ini terkait serangan bom yang terjadi di Mapolrestabes Surabaya kemudian insiden di Kepulauan Riau, hingga menewaskan seorang polisi dan wartawan TV.Polres Palopo,” katanya.

Dua pintu masuk Polres Palopo arah timur dan barat mendapat penjagaan ketat polisi bersenjata lengkap. Dan pengamanan ketat ini diberlakukan hingga masyarakat yang hendak masuk ke dalam baik mengadu maupun pembesuk dan mengurus dokumen lainnya seperti SKCK dan surat tilang terlebih dulu melalui pemeriksaan pihak kepolisian.

“Coba jaketnya dibuka dulu, jaketnya pak, bu,” ujar seorang Kepala SPKT Polres Palopo, Aipda Deprianto, kepada masyarakat yang hendak masuk ke Polres Palopo. (ded/him)

Click to comment

Most Popular

To Top