Rumah Pelaku Nyaris Dibakar, 3 Orang Dibekuk – Palopo Pos
Kriminal

Rumah Pelaku Nyaris Dibakar, 3 Orang Dibekuk

*Terkait Kematian Mardi Setelah Dibusur

PALOPO — Kendati Polisi telah menangkap 7 orang terduga pembusuran, namun pasca pembusuran yang menewaskan Mardi alias Upa (35) masih diwarnai ketegangan. Terbukti, rumah seorang pelaku nyaris dibakar, beruntung anggota Polsek Walenrang berhasil menangkap tiga orang. Ada aksi ini diduga kuat bagian dari balas dendem atas meninggalnya korban setelah tertancam lima busur di tubuhnya.

Menurut informasi, saat korban pembusuran hendak dibawa ke tempat peristirahatan terakhir, sejumlah keluarga almarhum mengamuk hingga merusak rumah salah satu pelaku atas nama Iit dan bahkan nyaris membakarnya. Rumah itu terletak persis di batas antara Palopo dan Luwu.

Atas kejadian itu, tiga orang yang diduga terlibat pengerusakan semuanya warga Dusun Wailempa Desa Seba-Seba, Kecamatan Waltim, Kabupaten Luwu, berhasil diamankan Polsek Walenrang. Diantaranya Jaharuddin (40), Deni (40), dan Darius (39), semuanya berprofesi petani sawah.

Kapolsek Walenrang, AKP Rafly SSos MH, menceritakan kronologis kejadiannya,
saat itu, pemilik rumah yang tak lain nenek Iit (pelaku pembusuran) diberitahukan oleh keluarganya bahwa rumah miliknya telah dirusak warga yang tak lain keluarga korban.

“Hanya dilempari menggunakan batu dan kayu selanjutnya. Nenek Iit kemudian pergi melihat rumah tersebut ternyata benar telah rusak pada bagian pintu dapur, pintu depan, kaca jendela bagian depan, samping kiri kanan dan atap rumah, hancur berantakan. Jadi tidak ada pembakaran maupun niat para keluarga korban yang mengamuk ini membakar rumah, tapi memang hanya merusak saja,” kata Rafly, Rabu, 16 Mei 2018.

Akibat pengerusakan yang dilakukan terhadap keluarga korban pembusuran, mengakibatkan rumah milik nenek Iit rusak berat dan mengalami kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp5 juta.

Rafly menegaskan, saat ini pihaknya masih mengejar beberapa pelaku pengerusakan rumah yang diduga kuat telah bersama-sama melakukan pengerusakan di rumah nenek Iii. “Kita sudah tangkap tiga, dari hasil pengembangan, masih ada pelaku lainnya yang saat ini kita kejar,” pungkasnya. (ded/him)

Click to comment

Most Popular

To Top