Dinkes Baru Mau Koordinasi Tim Pengawasan Pangan – Palopo Pos
Metro

Dinkes Baru Mau Koordinasi Tim Pengawasan Pangan

* Waspada Makanan Takjil Mengandung Formalin

PALOPO — Makanan takjil mengandung formalin dan borax sudah heboh di sejumlah daerah. Ada daerah tanpa lakukan koordinasi langsung menggelar sidak.

Di Palopo, masyarakat masih harus sabar menunggu aksi dinkes dan timnya. Sebab, dinkes baru mau koordinasi dengan tim pengawasan pangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Dr dr Ishak Iskandar, M.Kes, yang dimintai keterangannya soal pemeriksaan makanan takjil yang dijual di pasar, hanya berjanji akan menyikapi segera.

Hanya saja, ia tidak bisa menjelaskan secara detail kapan mau turun sidak. Karena kalau mau turun, katanya, melibatkan semua tim.

Jadi, memang agak lambat dibanding daerah lain, apalagi Makassar dan beberapa daerah di Sulsel sudah gerak dan menemukan adanya makanan takjil mengandung formalin dan borax.

”Iye, saya sampaikan tim pengawasan pangan sidak terpadu, dulu,” ujar kadinkes Palopo, kemarin.

Di tim pengawasan pangan sudah lengkap. Sudah ada polisi, satpol, disdag, dinkes, dan dinas ketahanan pangan.

Lanjutnya, mudah-mudahan bisa segera turun, sesuai dengan kesepakatan teman-teman di tim. ”Jadi, tunggu dinda. Saya koordinasi dulu,” tulisnya via WhatsApp.

Penemuan dinas kesehatan Kota Makassar soal makanan takjil mengandung formalin langsung viral kemana-mana.

Itu setelah Dinas Kesehatan Kota Makassar melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pangan berbuka puasa takjil di pasar Terong jalan Masjid Raya kota Makassar, Kamis 17 Mei 2018.

Satu-persatu makanan takjil seperti cendol, cincau dan kolangkaling diperiksa untuk menemukan makanan berformalin dan borax.

Di dalam pemeriksaannya, Dinas Kesehatan Kota Makassar menemukan formalin di kolangkaling yang masih diperjual belikan.

”Jangan tunggu lama. Apalagi, sudah masuk satu puasa. Masyarakat sudah pasti ke pasar berburu makanan takjil untuk buka,” ujar Hermia, salah seorang warga, kemarin. (ary)

Click to comment

Most Popular

To Top