Memotivasi untuk Berprestasi – Palopo Pos
FEMALE

Memotivasi untuk Berprestasi

Vinsensia Ade Sugiawati
Mahasiswi Asal Palopo Pendidikan Doktoral di Prancis

Dimana ada kemauan dan usaha disitu ada jalan. Inilah yang dipegang teguh Vinsensia Ade Sugiawati, mahasiswa asal Kota Palopo yang kini menempuh pendidikan program doktoral di departemen kimia Aix-Marseille Université, Prancis.

Kepada Palopo Pos, Vinsen, sapaannya mengatakan, akses pendidikan sekarang ini terbuka lebar. Yang penting mau berusaha. Untuk bisa kuliah di luar negeri banyak cara. Salah satunya bisa lewat program beasiswa. “Intinya itu bagaimana kita rajin cari informasi beasiswa dari Indonesia atau negara lain,” kata Vinsen melalui pesan FB, Jumat 18 Mei 2018.

Mahasiswi cantik kelahiran Wiwitan (Lamasi) mengaku sangat menyukai bidang kimia. Sehingga, saat mengambil S1 di UNM ia pun memilih di Jurusan Kimia. Begitu juga saat mengambil Magister (S2) di ITB dan Aix-Marseille juga dibidang yang sama. Sekarang pun lebih memfokuskan di Program Doktoral (S3).

Kesukaannya kepada kimia sudah nampak sejak masih duduk di bangku SMA.

Vinsen mengaku pernah membawa nama Kota Palopo ke Olimpiade Sains Kimia Tingkat Nasional pada tahun 2008. “Ini untuk yang pertama kalinya Kota Palopo bisa meloloskan siswa sampai ke Nasional. Tapi setelah itu saya dengar sudah tidak ada lagi anak Palopo yang lolos ke Nasional,” akunya.

Khusus di Kota Palopo menurut Vinsen, masih sangat kurang informasi beasiswa yang didapat. “Ini semata-mata agar bagaimana saya bisa memotivasi anak-anak dari Palopo dan Sulsel untuk berprestasi. Kita jangan mau ketinggalan. Ayo semangat untuk kuliah hingga level tertinggi,” paparnya.

Diakui Vinsen, informasi beasiswa jadi pilihan utamanya menempuh pendidikan. Setelah itu, dituntut memenuhi persyaratan yang diminta. Seperti IELTS, TOEFL, dan sebagainya.

Kecerdasannya pun kini diakui lewat penghargaan Mahar Schutzenberger dari Asosiasi Franco-Indonesia untuk Pengembangan Sains (AFIDES) yang diterimanya, Kamis 3 Mei 2018 lalu.

Ia berhasil mengembangkan mengembangkan material elektroda dan elektrolit polimer untuk diaplikasikan pada baterai ukuran mikro Li-ion.

“Karena materialnya masih baru kita masih mengobservasi kapasitas yang bisa dihasilkan. Namun, kita sudah coba charge baterainya bisa sampe lebih dari 100 siklus atau bisa digunakan selama sebulan,” sebutnya. Lanjut Vinsen, saat ini ia bersama rekannya masih terus mengeksplor material yang performanya bagus. (idr)

Data Diri:

Nama                             :   Vinsensia Ade Sugiawati
FB                                  :   Vinsensia Ade Sugiawati
TTL                                :   Wiwitan, 18 April 1991
Ayah                              :    Sugiarto (Guru SMKN 2 Palopo)
Ibu                                 :   Watini (IRT)
Jenjang Pendidikan   : – SMA 1 Palopo (2009)
– UNM Program ICP Kimia (S1)
– ITB Jurusan Anorganik dan Aix-Marseille (S2)
– Program Doktoral Aix-Marseille Université, Prancis (S3)

Click to comment

Most Popular

To Top