Tersangka Korupsi Proyek JLB Berkeliaran – Palopo Pos
Kriminal

Tersangka Korupsi Proyek JLB Berkeliaran

*Kajari Palopo Enggan Banyak Bicara

PALOPO — Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Palopo telah menetapkan SP sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek jalan lingkar barat (JLB). Hanya saja, tersangka tidak ditahan tapi dibiar bebas berkeliaran dengan status tahanan kota.

Anehnya lagi, ketika Kajari Palopo, Adianto SH dikonfirmasi malah enggan bicara banyak. “Yang pasti kasusnya sementara proses dan tunggu saja proses kedepannya,” begitu katanya, melalui via ponselnya, Jumat, 18 Mei 2018 kemarin.

Publik tentunya ingin mengetahui sejuah mana proses penyidik Kejaksaan Negeri Palopo setelah menetapkan SP sebagai tersangka. Tak hanya itu, setelah mantan Kepala Dinas PU Kota Palopo berinisial NS diperiksa, juga tidak diketahui statusnya. Apakah masih berstatus saksi ataukan sudah ditingkatnya. Itu karena Kejari Palopo enggan berkomentar banyak soal proses penyelidikan lebih lanjut.

Diketahui kasus dugaan korupsi proyek Jalan Lingkar Barat (JLB) telah merugikan negara sebesar Rp1,3 miliar. Tersangka SP yang tidak ditahan dikenakan wajib lapor yakni setiap hari Senin dan Kamis.

Sementara itu, jaksa penyidik kasus ini yaitu Nur Utami Dewi Saudi SH, MH juga terkesan tertutup sebab saat ingin dikonfirmasi line telepon tidak ada jawaban. Padahal handphonenya bisa dihubungi tetapi tidak diangkat dan beberapa kali dicoba tetap tidak diangkat.

Tersangka SP merupakan Direktur PT Jaya Konstruksi Utama, dalam kasus dugaan korupsi proyek JLB senilai Rp5 miliar APBD perubahan tahun 2016. Dari hasil penyelidikan Kejari telah ditemukan bahwa proyek tersebut dinyatakan selesai 100 persen dikerjakan. Namun kenyataannya ditemukan penyimpangan, seperti realisasi pekerjaan tidak sesuai perencanaan dan penganggaran. Salah satu penyimpangan ada pada lebar jalan yang seharurnya 20 meter tapi malah menyempit. Adapun panjang jalan lingkar barat 6 kilometer. (udy/him)

Click to comment

Most Popular

To Top