Elpiji 3 Kg Diselundupkan ke Sulteng – Palopo Pos
Kriminal

Elpiji 3 Kg Diselundupkan ke Sulteng

*Polres Tangkap 230 Tabung dan Sopir

PALOPO — Kasus penyelundupan tabung gas bersubsidi 3 kilogram (Kg) kembali terjadi di wilayah hukum Polres Palopo.
Sebelumnya, polisi menangkap dua orang sopir mobil pick up yang siap diadili di Pengadilan Negeri Palopo, kini giliran sopir bernama Bakhtiar (56), warga Lingkungan Uri, Kelurahan Mancani, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo, diciduk gegara kasus penyelundupan gas elpiji.

Bakhtiar yang telah memiliki empat orang cucu ditangkap di poros Maroangin-Masamba, Sabtu, 26 Mei 2018, sekitar pukul 03.00 Wita, dini hari. Dari hasil pemeriksaan polisi menemukan ratusan tabung yang akan diselundupkan keluar daerah palopo.

Penangkapan dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf. Awalnya, petugas menghentikan laju kendaraan mobil pick up jenis Grand Max warna silver DP 4324 IP, yang dikemudikan Bakhtiar.
Di atas pick up yang ditutupi terpal warna biru itu, akhirnya ditemukan 230 tabung elpiji 3 Kg tanpa dilengkapi
surat izin pengangkutan dari pemerintah.

“Rencananya mau dibawah ke Sulawesi Tengah (Sulteng). Karena pengangkutan dan atau niaga pelaku tidak bisa memperlihatkan surat izin dari pemerintah, makanya kita amankan,” kata Ardy Yusuf, saat di lokasi penangkapan.

Perwira tiga balok yang sangat menyukuai buah durian ini mengatakan pengintaian terhadap pelaku sudah lama dilakukan, namun selalu lolos membawa tabung ke Sulteng dan baru kali ini berhasil ditangkap.
“Berkat kerja keras tim, pelaku yang diketahui sedang mengambil tabung berisi di SPBE Mancani. Disitu polisi langsung melakukan pemeriksaan kelengkapan surat pengangkutan dan ternyata tidak ada izin dari pihak terkait,” tegas Kasat.

Mulanya, petugas kehilangan jejak, dimana pelaku bukannya keluar lewat lorong tempat keluarnya kendaraan dari SPBE. Namun berkat informasi valid dari masyarakat, pelaku berhasil dicegat di Poros Kelurahan Mancani Kecamatan Telluwanua Kota Palopo.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti 230 tabung bersubsidi elpiji 3 Kg semuanya berisi serta satu unit mobil pick up Grand Max. “Untuk saat ini pelaku masih dalam proses pemeriksaan lebih lanjut,” tandas Ardy Yusuf. (ded/him)

Click to comment

Most Popular

To Top