2021 Tak Ada Lagi Desa Tertinggal – Palopo Pos
Luwu Utara

2021 Tak Ada Lagi Desa Tertinggal

MASAMBA — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berharap di tahun 2021 tidak ada lagi desa yang masuk kategori desa tertinggal.
Hal ini terungkap pada saat Indah membawakan sambutan diacara penyerahan piala dan penghargaan perlombaan desa dan penyerahan sertifikat evaluasi tingkat pembangunan desa tahun 2018, Senin 4 Juni 2018 di aula Lagaligo Kantor Pemkab Luwu Utara Jalan Simpurisiang Masamba, kemarin.

Indah sapaan akrab bupati perempuan pertama di Sulsel ini mengatakan bahwa jika kita melihat perkembangan desa saat ini sangat luar biasa perkembangannya. Namun ada desa pembangunan infrastruktur bagus tapi tidak berbading lurus dengan peningkatan ekonomi masyarakat, seharusnya ketahanan sosial kemasyarakatan seiring dengan infrastruktur maka akan berdampak pada peningkatan kesejahreraan masyarakat.
Misalnya, dengan dibangunya jalan tani itu akan meningkatkan hasil pertanian karena sarana transoortasi jalan tani sudah baik. ”

Namun saya berharap agar desa yang masih dalam kategori tertinggal untuk bisa bergerak menjadi kategori berkembang dan deaa maju.

Apa yang telah diraih beberapa desa yang tekah neraih prestasi agar ditingkatkan guna kesejahteraan masyarakatnya.

untuk apa yang telah didapatkan Jangan menilai dari apa yang kami berikan selembar piagam penghargaan itu adalah apresiasi dari hati yang paling dalam terang indahn

Sementara Syawal Sammang Plt Sekretaris PMD mengatakan latarbelakang dari kegiatan ini adalah permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasitingkat perkembangan desa dan kelurahan,” tutut Indah.
Dimana tujuan dari perlombaan desa ini adalah salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa selama satu tahun.

Evaluasi perkembangan desa dilaksanakan pada tanggal 26 Februari – 6 Maret 2018 pada 166 desa. Dan perlombaan desa dilaksanakan mulai pada tanggal 9 april – 24 april dengan peserta 9 desa yang mewakili 9 kecamatan.

Kegiatan evaluasi dilihat dari 3 indikator keberhasilan antaranya desa cepat berkembang sebanyak 50 desa, berkembang sebnyak 111 desa dan indikator kurang berkembang yang tidak ada lagi di Luwu Utara.
Dimana Juara Pertama lomba desa tahun 2018 adalah Desa Dandang, Kecamatan Sabbang, juara dua Desa Lara, Kecamatan Baebunta dan juara tiga Desa Pao, Kecamatan Malangke Barat, serta juara harapan Desa Pincara, Kacamatan Masamba. Penyerahan hadiah di hadiri Kejari Masamba, Wakapolres, serta unsur pimpinan SKPD. (jun/him)

Click to comment

Most Popular

To Top