Libur Lebaran, Pelayanan BPJS Kesehatan Tator Tetap Buka – Palopo Pos
Toraja

Libur Lebaran, Pelayanan BPJS Kesehatan Tator Tetap Buka

*Juga Rumah Sakit dan Puskesmas

MAKALE — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Tana Toraja adakan pertemuan dengan beberapa mitra kerjanya seperti RSU Lakipadada, Dinas Kesehatan Tana Toraja dan Puskesmas Makale. Dengan tema “Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan” yang serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia, dimulai dari tanggal 9-14 Juni 2018.

Kepala Cabang BPJS Tana Toraja, Toraja Utara dan Enrekang Hartono Purba ST, Senin, 4 Juni 2018 katakan bahwa tujuan pelayanan JKN-KIS khususnya di hari libur lebaran karena cukup panjang, pelayanan tidak akan terganggu meskipun libur. Kita harapkan pelayanan khususnya pelayanan pemudik maupun tidak mudik tetap berjalan seperti biasa.

“Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir saat libur lebaran tahun 2018 ini. Tepatnya H-8 tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur lebaran dengan prosedur yang sudah di sepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan.

Selama mudik peserta mudik maupun tidak mudik tetap mendapatkan pelayanan,” tuturnya.
Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa kartunya karena pelayanan kesehatan hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaannya aktif.

Karena itu mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran agar kepesertaannya selalu aktif, pungkas Hartono Purba.

Terpisah Direktur RSU Lakipadada dr Syafari Mangopo menyikapi libur nasional adalah hari libur bersama.

“RSU Lakipadada untuk pelayanan poli rawat jalan tanggal 11 dan 12 Juni poli anak masih berjalan, UGD tetap buka saat libur. Ada empat dokter yang akan bertugas masing-masing dua dokter pagi dan dua dokter malam, empat perawat pagi dan empat perawat malam,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan dr Adriana Seleng dari Dinas Kesehatan, ia mengatakan bahwa saat libur lebaran nantinya puskesmas tetap melakukan pelayananya.

“Ada 21 puskesmas di Tana Toraja, 16 rawat inap pelayanan 24 jam tetap berjalan seperti biasanya dan 5 non rawat inap. Karena jauh hari para petugas medis telah mengatur jadwal tugas disaat hari libur lebaran kali ini,” ungkapnya.

Ditambahkan Melly Limbong dari Puskesmas Makale, bahwa rawat persalinan tetap buka 24 jam dan rawat jalan buka seperti biasa. Karena jadwal telah kami atur sebelum hari libur lebaran, kata Melly.

BPJS kesehatan saat ini juga telah meluncurkan aplikasi untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan di BPJS Kesehatan.

Peluncuran aplikasi mudik BPJS kesehatan ini dapat di download secara gratis di Google Play Store untuk perangkat android. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan dan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Selama libur lebaran 2018, masyarakat tetap menghubungi BPJS Kesehatan care center 1500-400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari Minggu dan hari libur lainnya. (rp2/udy)

Click to comment
To Top