Oknum ASN Resmi Dibui – Palopo Pos
Kriminal

Oknum ASN Resmi Dibui

*Terancam Pasal Berlapis

PALOPO — Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Palopo berinisial IK (37) warga Jl Jenderal Sudirman Kota Palopo yang dibekuk Jatanrasn karena melakukan kasus penipuan dihadang pasal berlapis. Yakni Pasal 372 dan 378 KUHPidana dengan ancaman maksimal 4 tahun kurungan penjara.

Saat ini IK berstatus tersangka, ditahan di ruang tahanan Polres Palopo bersama para tahanan kasus lainnya. Berkas perkara IK sementara digenjot penyidik. Adapun barang bukti yang sudah dijual tetap akan dicari dan disita oleh penyidik kepolisian.

“Dalam waktu singkat berkasnya kita limpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Palopo,” kata Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf, Senin, 4 Juni 2018.

Hasil introgasi yang dilakukan penyidik diketahui bahwa tersangka mengakui perbuatannya.
Bahkan pernyataan mengejutkan kalau aksinya dilakukan karena menjadi kebiasaan buruknya selama ini.

Kendati demikian IK sudah melakukan tindak pidana yang melanggar hukum, sehingga
harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum. “Kita amankan bersama sepasang baju pegawai dan satu baju batik yang dikenakan pelaku saat bereaksi,” tutup Ardy Yusuf.

Seperti diketahui IK diringkus di Jl Dahlia II, Kota Palopo, lantaran diduga melakukan pencurian dan penipuan atau penggelapan. Oknum ASN itu melakukan kejahatan sebanyak delapan kali di delapan titik berbeda. Tersangka mencuri HP hingga beras dan terakhir mengambil sepeda motor.

Tersangka pernah beraksi di RS St Madyang, mengambil HP Oppo milik tukang parkir. Di perumahan Nyiur, menipu dan mengambil berupa beras sebanyak 100 Kg. Kemudian di Kampus STIKES mengambil HP Oppo Gold, di SMA 5 Palopo mengambil HP Samsung, di Jl DR Ratulangi mengambil berupa HP Oppo gold, di Sido Mampir berupa HP blackbery. (ded/him)

Click to comment

Most Popular

To Top