Hari Ini, Polres Ops Ketupat 2018 – Palopo Pos
Kriminal

Hari Ini, Polres Ops Ketupat 2018

*Amankan Lebaran, Turunkan Personil Gabungan

PALOPO — Polres Palopo akan menggelar operasi kepatuhan terkait pengamanan Lebaran Idul Fitri 1439 H tahun 2018. Ratusan personil gabungan dilibatkan seperti Polri, TNI-AD, Dishub, Damkar, Satpol, dan serta pasukan pramuka. Sebelum turun ke lapangan pasukan Ops Ketupat lebih dulu apel di depan Mapolres.

Kapolres Palopo AKBP Taswin melalui Kasat Lantas Polres Palopo AKP Sri Toto mengatakan jika operasi ketupat digelar selama 14 hari dimulai tanggal 6 sampai 14 Juni 2018. “Besok (hari ini. Red) gelar pasukan ops ketupat lebih dulu apel di Mako Polres Palopo Jl Opu Tosappaile,” kata Sri Toto kepada Palopo Pos Selasa 5 Juni siang kemarin di ruang kerjanya.

Olehnya itu, diharapkan pengamanan mudik lebaran tahun ini semakin baik dari tahun sebelumnya. Dimana ada empat Pos Pengamanan dengan menempatkan sejumlah personil gabungan.

Pos Pengamanan yang disediakan berada di Kecamatan Mancani (Jl DR Ratulangi), depan Hypermar (Jl DR Ratulangi, depan Masjid Islami Center (Jl Jendral Sudirman, dan di seputaran Logata, Kota Palopo.

Lanjut Kasat Lantas, operasi ini akan fokus terhadap empat sasaran utama. Yakni manusia, barang atau benda, lokasi, dan kegiatan.

“Untuk orang, siap mengamankan pemudik yang melintas, termasuk sopir dan pengusaha transportasi umum. Pengamanan juga dilakukan kepada masyarakat yang belanja, wisata, takbiran, dan merayakan lebaran,” kata perwira yang menyenangi fitnes ini.

Tak hanya itu, pihak kepolisian juga siap mengantisipasi adanya pelaku kriminal seperti copet, pengedar uang palsu, miras, narkoba, hingga geng atau premanisme. Hal itu diharapkan agar warga Kota Palopo bisa merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman.

Polres juga merilis, ada sejumlah potensi kerawanan pada antara lain keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), dan transportasi umum Disebutkan Sri Toto, tempat keramaian seperti Lagota, Pasar dan pertokoan merupakan sasaran utaman dari giat tersebut. Sedang personil Sat Lantas yang dilibatkan, yakni sebanyak 68 orang diluar dari unit lain.

“Operasi Ketupat ini terpusat dengan mengutamakan pelayanan. Kita berharap semua giat yang dilaksanakan mulai hari pertama hingga berakhirnya kegiatan berjalan aman dan lancar,” tegas Sri Toto.

Terkait dengan digelarnya serentaknya giat tersebut, Sri Toto telah memberikan masukan terhadap 68 anggota lantas agar ketika memberikan pelayanan dapat memuaskan masyarakat.
Operasi Ketupat 2018 digelar seminggu sebelum hari raya Idul Fitri.
(ded/him)

Titik Pos Pengamanan

1. Kecamatan Mancani (Jl DR Ratulangi)
2 Depan Hypermar (Jl DR Ratulangi)
3. Depan Masjid Islami Center (Jl Jendral Sudirman)
4 Seputaran Logata (Jalur Dua, Jl Durian)

Click to comment

Most Popular

To Top