Target Rp102 M, Realisasi 37 Persen – Palopo Pos
Luwu

Target Rp102 M, Realisasi 37 Persen

*SKPD Diminta Pacu PAD

BELOPA — Pemerintah kabupaten Luwu melalui badan pendapatan daerah meminta kepada satuan kinerja perangkat daerah (SKPD) untuk dapat segera memacu realisasi target PAD yang diemban masing-masing SKPD. Untuk semester I hingga awal Juni ini, realisasi PAD baru berkisar 37 persen.

“Dari hasil laporan setoran PAD yang kami terima dan catat per 31 Mei kemarin tercatat capaian PAD Luwu baru sekira 37 persen atau sebesar Rp37,812 miliar dari target tahun ini sebesar Rp102 miliar lebih,” ujar kepala Bapenda, Muhammad Arsal Arsyad, Selasa 5 Juni 2018 kemarin.

Guna memaksimalkan realisasi PAD sendiri, Bapenda mengundang SKPD untuk membahas hal itu. Dalam rapat tersebut, sejumlah OPD menyampaikan beberapa kendala yang mereka hadapi dalam memungut PAD.

Seperti halnya Dinas Perdagangan dan Dinas Perhubungan yang menyebutkan masih adanya sejumlah objek pajak yang tidak sadar akan kewajiban mereka.

“Tingkat kesadaran masyarakat yang ingin ditingkatkan dalam partisipasi mereka membayar pajak, salah satunya melakukan sosialisasi peningkatan kesadaran membayar pajak termasuk sosialisasi penggunaan pajak daerah untuk pembangunan,” ujar Arsal.

Arsal kemudian menyebutkan capaian 37 persen ini tidaklah merata di semua OPD, namun ada OPD yang menonjol ada pula yang dianggap masih kurang maksimal. “Bapenda sendiri capaian PAD nya sudah 46 persen atau sudah Rp13 miliar lebih dari target Rp29 miliar lebih per 31 mei kemarin.

Bahkan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan yakni bagi laba lembaga keuangan sudah mencapai 88,73 persen atau sudah Rp5,146 miliar dari target Rp5,8 miliar,” jelasnya.

Untuk OPD yang belum maksimal menerimaan PAD nya dibawah 30 persen disebutkan Kepala Bapenda yakni, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata dan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap.

Olehnya itu, dalam rapatlintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Luwu, Senin lalu yang dipimpin Kepala Bapenda Luwu, Moch Arsal Arsyad membahas terkait capaian pedapatan asli daerah (PAD) semester pertama di tahun 2018.

Arsal menjelaskan, rapat ini bertujuan untuk memotifasi seluruh OPD lingkup Pemkab Luwu untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah sebelum memasuki akhir semester pertama 30 Juni mendatang. (fan/him)

Click to comment

Most Popular

To Top