Libur Lebaran, Puskesmas dan RSUD Tetap Buka Layanan – Palopo Pos
Luwu

Libur Lebaran, Puskesmas dan RSUD Tetap Buka Layanan

BELOPA— Libur panjang pada lebaran 1439 H tak membuat pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Luwu terhenti.

Menurut Plt Bupati Luwu melalui Kabag Humas Ansir Ismu kepada Palopo Pos, Rabu, 6 Juni kemarin, tetap melayani seperti biasa. Ini dilakukan karena sangat dibutuhkan masyarakat.

”Saya kira ini angat vital. Jadi, tidak boleh tidak, harus tetap beroperasi atau melayani masyarakat,” beber Ansir Ismu.

Menurutnya, pelayanan yang diberikan nantinya, tergantung dari pihak managemen RS tersebut. Termasuk Puskesmas yang diatur oleh Dinas Kesehatan. ”Dokter jaga, perawat, bidan dan lainnya, diberikan wewenang sepenuhnya kepada pihak RSUD dan Dinkes untuk mengatur siapa yang akan jaga,”jelasnya.

Selain itu, menurutnya, semua mobil puskesmas keliling (Puskel) dan ambulance juga disiagakan di masing-masing puskesmas. Khusus untuk pelayanan perawatan, tetap ada petugas jaga selama 24 jam.

”Jadi selama liburan panjang tetap ada pelayanan perawatan selama 24 jam dan perawat yang bertugas sistem shift,” katanya.

Menurut Ansir Ismu, Pemkab tetap membuat tim untuk memantau hal ini. Karena, pelayanan yang diutamakan maka harus diperhatikan. ”Kita tidak ingin ada yang sakit tetapi tidak ada pelayanan. Wajib ada,” bebernya. (him)

Click to comment

Most Popular

To Top