Lebaran, Damkar Siaga 24 Jam – Palopo Pos
Metro

Lebaran, Damkar Siaga 24 Jam

* Selama Mudik dan Arus Balik

PALOPO — Mengantisipasi ancaman kebakaran selama libur lebaran, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Palopo, tak ikut cuti. Selama lebaran, damkar tetap siaga 24 jam.

Sejumlah armada kebakaran disiagakan. Mereka siap bergerak kalau tak disangka-sangka terjadi bahaya kebakaran. ”Kami juga minta sebelum meninggalkan rumah pastikan listrik di rumah sudah mati,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Palopo, Muh Rais, kepada Palopo Pos, Jumat 8 Juni 2018, kemarin.

Hal ini penting, lanjutnya, untuk memastikan semua aliran listrik. Sehingga mudik penghuninya yang lagi mudik tidak gelisah.

Selain mematikan aliran listrik, ujar Rais, sebaiknya melepas selang regulator kompor gas. “Kalau ada kompos gas (tabung elpiji, red) yang selangnya masih terpasang, supaya dilepas,” katanya menegaskan.

“Jangan sampai pada saat meninggalkan rumah selang regulator masih terpasang pada tabung gas, bahaya,” tegasnya sambil meminta kepada warga agar tak menyepelekan nomor telepon Damkar di handphone masing-masing. ”Simpan nomor telepon Damkar 0471-3310507 di handphone ta,” imbaunya.

Menurut Rais, antisipasi dini kebakaran tersebut sangat penting. Sebab, banyak kebakaran yang terjadi selama ini akibat masalah sepele. “Biasanya kebakaran terjadi karena pemilik rumah lupa mematikan aliran listrik maupun lainnya,” ungkap dia.

Ia juga mengatakan, selama musim mudik dan balik lebaran ini pihaknya siaga 24 jam.
“Semua personel selama Lebaran kita siagakan,” katanya.
Adapun imbauan bagi warga yang hendak melaksanakan mudik lebaran tersebut di antaranya, matikan semua aliran listrik dan alat-alat elektronik serta cabut semua steker dari stop kontak (colokan) listrik, untuk menghindari terjadinya korsleting. Jika mudik cukup lama, kosongkan isi lemari es atau kulkas.

Selanjutnya, matikan semua lampu ruangan atau gunakan lampu LED dengan sensor otomatis yang dapat diatur jam kerjanya atau dapat diatur saat waktu menyala dan saat mati.

Agar lebih aman, lepaskan regulator dari tabung gas elpiji, lalu tutup tabung gas dengan rapat serta simpan tabung gas di tempat yang aman dan terlindung dari paparan langsung sinar matahari.

“Jika anda perokok aktif, pastikan bara api dari putung rokok yang anda buang sudah benar-benar padam,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Palopo Andi Arwien telah mengingatkan Damkar untuk siaga selama Ramadan hingga lebaran nanti.

Kepada petugas pemadam kebakaran, ia memberikan beberapa arahan. Wali kota juga memberikan petunjuk dan berpesan kepada petugas dinas pemadam kebakaran supaya tidak lengah.

Kata dia, aktivitas ibu-ibu rumah tangga sangat tinggi sehingga diperlukan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi bila ada kejadian mendadak. (rhm/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top