Daging Sapi Naik Rp5.000 Per Kg – Palopo Pos
Ekonomi

Daging Sapi Naik Rp5.000 Per Kg

*H-2 Bisa Sampai Rp120 Ribu

PALOPO — Harga kebutuhan pokok di Kota Palopo sampai saat ini mulai bergejolak.

Dari pantauan Palopo Pos di Pusat Niaga Palopo (PNP), sejumlah kebutuhan pokok masih normal. Namun, semakin dekat lebaran ini ada juga beberapa kebutuhan yang naik, namun tidak terlalu tinggi.

Salah satunya yang mulai mengalami kenaikan harga adalah daging sapi. Jika kondisi normal di Rp110 ribu per kg. Kini naik Rp5.000 per kg menjadi Rp115 ribu. Harga ini pun diprediksi masih akan terus naik sampai Rp120 ribu per kg.

“Ada kenaikan kalau dekat lebaran, misal di H-2. itu bisa naik sampai Rp120 ribu per kg,” kata Zakaria, salah satu penjual daging di PNP, akhir pekan lalu.

Kenaikan harga daging, katanya, disebabkan karena kekurangan stok daging. “Banyak yang mau tetapi stok kurang, makanya mahal,” ucapnya.

Demikian juga dengan harga ayam potong yang cenderung naik. Jika beberapa waktu lalu tertinggi sampai Rp50 ribu per ekor. Sekarang naik Rp5 ribu. “Iye naik mi lagi. Rp55 ribu per ekor itu untuk yang paling berat sekitar 1,8 kg,” tambahnya.

Sedangkan untuk harga telur bervariasi setiap rak-nya. “Ada Rp42 ribu, ada Rp45 ribu, dan Rp48 ribu. Kalau yang telur bebek Rp2.500 per butir,” kata Ibu Isra, salah satu pedagang telur di PNP.

Sementara beras masih stabil dikisaran dari Rp9 ribuan untuk kelas medium, dan Rp11 ribu untuk kelas premium.

Seperti yang diungkapkan, pemilik toko Palawija, Ir H. Haeruddin selaku distributor beras di Palopo.

Dijelaskan Ir. H. Haeruddin, kalau saat ini usai musim panen, harga beras mengalami penurunan sekitar 7 persen. Contohnya pada beras kepala yang ukuran 10 kg, tadinya dijual Rp110.00, sekarang menjadi turun menjadi Rp105.000. Demikian juga untuk kemasan 25 kg yang mengalami penurunan harga Rp5.000.

Sebelumnya, Kadis Ketahanan Pangan Palopo, Drs Tono menjamin bahwa stok beras Kota Palopo sangat aman. Dirinya menggaransi untuk kebutuhan beras, dapat dikatakan mencukupi tiga bulan ke depan.

Mengantisipasi kenaikan harga yang melambung, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Palopo telah melalukan upaya pengendalian. Seperti beberapa waktu lalu dengan menggelar sidak sembako yang langsung ditinjau Wali Kota Andi Arwin Azis.

Bahkan, Polres Palopo yang juga tergabung dalam Satgas Pangan membentuk tim untuk menjaga ketersediaan dan mengantisipasi melonjaknya harga pangan dipasaran.

Hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi Polri yang mewajibkan seluruh Polres se-Indonesia untuk membentuk hal tersebut.

Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf mengatakan, pihak kepolisian akan bekerja sama dengan instasi terkait guna menjaga ketersediaan pangan dan mengantisipasi melonjaknya harga pangan. (idr)

Click to comment

Most Popular

To Top