Survei CRC: Raih Elektabilitas 34,6 Persen dan Unggul di 7 Dapil , Prof Andalan Sulit Terkejar Lagi – Palopo Pos
Politik

Survei CRC: Raih Elektabilitas 34,6 Persen dan Unggul di 7 Dapil , Prof Andalan Sulit Terkejar Lagi

MAKASSAR – Lembaga survei Celebes Research Center (CRC) merilis survei terbaru terkait elektabilitas kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2018.

Direktur CRC, Herman Heizer menjelaskan, survei ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang potret terbaru dari perilaku pemilih terhadap elektabilitas empat pasang calon yang saat ini bertarung di Pilgub Sulsel 2018 yang tersisa kurang lebih 8 hari lagi.

“Survei ini memotret popularitas dan akseptabilitas para kandidat yang berujung pada tingkat elektabilitas para calon pemimpin Sulsel ini”, ujar Herman Heizer dalam konferensi persnya di Hotel Four Points By Sheraton, Senin (18/6/2018).

Hasilnya, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3, Prof Nurdin Abdullah -Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) masih menempati posisi elektabilitas tertinggi yang jauh mengungguli pasangan calon lainnya. Dalam survei tersebut Prof Andalan memiliki elektabilitas sebesar 34,6 persen.

Posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 1, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) dengan angka 26,3 persen yang disusul oleh pasangan nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) sebanyak 21,4 persen.

Sedangkan diurutan buncit dengan perolehan angka 6,2 persen ditempati pasangan nomor urut 2, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL). Sedang responden yang belum menentukan pilihan sebesar 11,5 persen.

Untuk survei Top of Mind, Pasangan Nurdin Abdullah menempati posisi teratas dengan posisi 20 persen, disusul Nurdin Halid sebesar 13 persen. Sedangkan Ichsan Yasin Limpo sebesar 8 persen dan Agus Arifin Nu’mang hanya sebanyak 2 persen.

Menurut Herman Heizer, survei ini memakai metode multi stage random sampling dengan melibatkan 1.110 responden responden dengan jumlah distribusi ditentukan secara proporsional dan dilakukan di 24 kabupaten/kota pada bulan Juni 2018. Adapun margin errornya sebesar 3 persen

Untuk Daerah Pemilihan (Dapil), terpotret dari 11 dapil yang ada di sulsel, Prof. Andalan meraih hasil tertinggi di 7 Dapil.

Sementara pasangan Nurdin Halid -Azis Kahar Mudzakkar (NH-Aziz) hanya memimpin 2 Dapil, Ichsan Yasin Limpo – Cakka hanya 2 Dapil.

Lebih tajam ke dalam, survei CRC ini juga memotret strong voters ( pemilih yang sudah sangat sulit berpindah ke kandidat lain -red) empat pasang kandidat tersebut. Hasilnya, Pasangan Prof Prof Andalan memiliki strong voter sebesar terbesar yakni 26,3 persen. Pasangan NH-Aziz sebesar 16,4 persen strong voters, sedangkan IYL-Cakka hanya 14,3 persen. (#)

Click to comment

Most Popular

To Top