Persiapan Ritual Mangrara Banua Tongkonan Ke’te Kesu’ – Palopo Pos
Toraja

Persiapan Ritual Mangrara Banua Tongkonan Ke’te Kesu’

RANTEPAO — Rumpun Keluarga besar Tongkonan Ke’te Kesu’ akan menggelar tradisi Mangrara (Petahbisan) rumah adat Toraja di kawasan objek wisata Ke’te Kesu’, mulai tanggal 28 Juni 2018 mendatang. Yang berlokasi di Kelurahan Panta’nakan Lolo, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara.

Terkait hal tersebut salah seorang Tokoh Adat di Tongkonan Ke’te Kesu’, Kudu Sarungallo kepada Palopo Pos, Minggu, 24 Juni 2018 di lokasi saat melakukan persiapan menjelaskan bahwa Mangrara Banua atau syukuran rumah adat Toraja akan digelar di Ke’te Kesu’ pada tanggal 28-29 Juni 2018 mendatang.

“Kami akan menggelar Mangrara pada tanggal 28 Juni mendatang,” ujar Om Kudu sapaan akrabnya.

Diketahui bahwa didalam lokasi Tongkonan Ke’te Kesu’ berdiri beberapa Tongkonan (Rumah Adat), antara lain Tongkonan Kesu, Tongkonan To’ Kaluku, Tongkonan To’ Sendana, Tongkonan Bamba, Tongkonan Tonga’, Tonkonan Sepang dan Tongkonan Rura.

Pada perhelatan adat di Ke’te Kesu’, Kudu Sarongallo juga mengajak kepada para wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus). Serta fotografer dan jurnalis media diseluruh nusantara untuk datang guna mengabadikan momen ini.

“Ayo semua berkunjung ke pesta adat di Ke’te Kesu’, Toraja Utara, mulai tanggal 28 Juni nanti. Pesta adat ini seru karena ada ritual-ritual yang akan dilakukan,” tambah Kudu.

Tradisi budaya dari leluhur orang Toraja yakni Mangrara Banua adalah ritual pesta adat syukuran bagi orang Toraja yang masih dilaksanakan dan terpelihara hingga saat ini. (rp2/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top