KSP Berkat Beri Kredit Bagi PNS/Swasta – Palopo Pos
Ekonomi

KSP Berkat Beri Kredit Bagi PNS/Swasta

*Flafon Minimal Rp5 Juta

PALOPO—Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat Cabang Palopo memberikan penawaran kredit bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga Pegawai Swasta. Dengan suku bungan rendah hanya 2,25 persen.

Dikatakan Kepala Cabang KSP Berkat Palopo, M Nasir kepada Palopo Pos, Jumat, 6 Juli 2018 lalu, bahwa pihaknya menawarkan kredit dengan suku bunga rendah berlaku bagi para PNS dan swasta.

Dengan melakukan pinjaman minimal flafon Rp5 juta dan maksimal Rp35 juta. Dengan masa pinjaman mulai dari 12, 18, 24 dan 36 bulan.

“Suku bunga rendah yang kami tawarkan ini berlaku tiap bulan selama masa pinjaman. Artinya tiap bulan jumlah yang dibayar oleh anggota mengalami penurunan suku bunga sebesar 2,25 persen atau Rp3,500 perbulan,” ujarnya.

Nasir mencontohkan, misalnya anggota mengajukan pinjaman sebesar Rp5 juta dengan jangka waktu selama 3 tahun (36 bulan). Dengan pembayaran kredit atau pinjaman bulan pertama sebesar Rp252 ribu, maka pada bulan berikutnya sampai akhir masa pinjaman terus mengalami penurunan, paparnya.

“Nah, kalau pinjaman sebesar Rp5 juta tadi itu yang dilakukan anggota, pada bulan ke-36 sisa membayar sebesar Rp142 ribu,” terang Nasir.

Lanjutnya, ini berlaku tentu bagi para anggota yang melakukan pembayaran rutin tiap bulan. Jika ada anggota yang sering terlambat melakukan pembayaran tentu suku bunganya tiap bulan tidak turun.

Karena tidak melakukan angsuran pembayaran secara rutin, tandasnya.
Selain itu, anggota mendapatkan keuntungan selama masa pinjaman yaitu sisa hasil usaha (SHU) yang berlaku sekali dalam setahun.

Dengan besaran keuntungan berbeda tiap anggota tergantung juga dari besaran pinjaman dan masa waktu pinjaman.

“Ada juga paket lebaran yang didapatkan anggota berupa paket sembako tiap perayaan hari raya idul fitri,” katanya.

Untuk diketahui, saat ini KSP Berkat Cabang Palopo yang buka sejak tahun 1995 sudah memiliki 900 lebih anggota dan sekitar 100 orang nasabah.

“Bedanya anggota dan nasabah adalah kalau anggota itu selain melakukan peminjaman juga ada tabungannya. Sedangkan kalau nasabah hanya melakukan peminjaman saja,” papar Nasir.(udy)

Click to comment

Most Popular

To Top