Aparat Desa Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan – Palopo Pos
Luwu

Aparat Desa Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

LUWU — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Luwu.

Sosialisasi yang digelar di Hotel Mulia Indah, Jl Mangga Kota Palopo ini untuk segera mendaftarkan seluruh aparat desa di wilayahnya masing-masing untuk ikut menjadi peserta program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Sosialisasi program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini meliputi program Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Yang mana diikuti sejumlah kepala desa yakni Kecamatan Walenrang dan Walenrang Barat, Kecamatan Walenrang Timur dan Walenrang Utara, Kecamatan Bastem, Kecamatan Bastem Utara, Kecamatan Bua, dan Kecamatan Lamasi serta Kecamatan Lamasi Timur.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu, Masling, SE.,M.Si didampingi Kabid Pemerintahan Desa, Drs Muh Tahir mengatakan seluruh aparat desa di Kabupaten Luwu akan diikutkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pasalnya, menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak manfaat. Dimana anggaran untuk menjadi peserta sudah masuk ke masing-masing desa.

Sementara itu, Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo, Hendrayanto menjelaskan sesuai dengan amanah negara perangkat desa dan BPD harus dilindungi jaminan sosial ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).
“Jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini menjadi hak warga, mulai dari lahir sampai mati.

Bahkan keuntungannya jika kita mengikuti jaminan ini, itu sangat luar biasa,” jelas Hendrayanto.
Dikatakannya, di BPJS Ketenagakerjaan sendiri ada beberapa program sosial yang diberikan, seperti JKK dan JKM, dan Jaminan Hari Tua (JHT), serta Jaminan Pensiun (JP).

Untuk program JKK merupakan perlindungan terhadap resiko kecelakaan kerja sementara JKM yakni bagi peserta yang meninggal dunia. Kepada ahli waris mendapat uang tunai sebesar Rp24 juta.(rhm/him)

Click to comment

Most Popular

To Top