Pj Gubernur: Palopo Kota Terdamai se-Dunia – Palopo Pos
Utama

Pj Gubernur: Palopo Kota Terdamai se-Dunia

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

*Di Peringatan HUT ke-16 yang Ramai dan Hikmat

PALOPO — Sebagai daerah otonom, Kota Palopo langsung melejit, dan menorehkan berbagai kesuksesan. Perpaduan nilai modernisasi, religius, dan budaya, membuat Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono memuji itu.

Bahkan, menyebutkan jika Palopo kota terdamai se-dunia.
Meski baru dua kali menginjakkan kaki di Kota Idaman ini. Namun, suasana aman, damai, dan tentram pun dirasakannya.

Di Palopo, kata Soni, masyarakatnya menerima modernitas, yang ditandai banyaknya cafe. Disatu sisi masyarakat Palopo juga religius. Ditandai banyaknya masjid dimana-mana, dan yang terakhir masyarakat Palopo tetap menjaga dan melestarikan nilai budaya Kedatuan Luwu.

“Saya kagum dan bangga dengan Palopo. Tiga nilai inilah bisa terpelihara. Saya pikir inilah kota terdamai se-dunia,” tutur Dirjen Otoda Kemdagri saat memberikan arahan diacara HUT ke-16 Kota Palopo dan pelantikan Pj wali kota Palopo di Lapangan Pancasila.

Pada kesempatan itu, Penjabat Gubernur Sulsel juga memuji kedewasaan masyarakat Kota Palopo dalam berpolitik. Hal itu terlihat pasca pilwalkot beberapa waktu lalu yang berjalan aman, dan damai.

“Pilkada telah selesai, yang ada sekarang adalah kemenangan rakyat, mari bersama-sama membangun Kota Palopo,” ujarnya disela-sela acara tersebut, Senin 9 Juli 2018.

Pasca pilkada, lanjut Dirjen Otoda ini, saatnya membangun konsolidasi. Bukan lagi zamannya black campaign(kampanye hitam).

“kita akhiri proses kampanye, akhiri proses perbedaan. Yang jelas sekarang kita punya pemimpin satu dan wakilnya. Mari bangun Kota Palopo sebagaimana nilai budaya Sulsel Sipakatau, Sipakalebbi, dan Sipakainge,” sebutnya.

Untuk itu, salah satu tugas Penjabat Wali Kota Palopo Andi Arwin Azis, kata Sumarsono adalah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 5 tahun kedepan melalui draft teknografis.

“Jadi bisa saja Pak Arwin mengundang tim Pak Judas Amir mulai menyiapkan penyusunan RPJMD tersebut,” sebutnya.
Selanjutnya, kata Sumarsono, tugas Pj wali kota adalah membangun iklim yang tetap kondusif pasca pilkada.

Dikesempatan yang sama, usai dilantik, Penjabat Wali Kota Palopo Andi Arwin Azis menuturkan, merasa bangga jadi bagian warga Kota Palopo, yang terdiri dari berbagai latarbelakang sosial.

Dihadapan masyarakat, undangan, dan ASN lingkup Kota Palopo, Andi Arwin mengungkapkan komitmennya akan menggunakan kesempatan ini membangun sinergitas antar masyarakat, agar bergerak dengan baik, pelayanan berjalan profesional, dan transisi kepemimpinan berjalan lancar.

“Saya mohon dukungan dan doanya,” pinta Kepala BKPAD Provinsi Sulsel ini di atas podium.

Sebagaimana diketahui Andi Arwin Azis akan memimpin Kota Palopo selama 73 hari kedepan, sampai tanggal 20 September 2018, hingga pelantikan Wali Kota Palopo dan Wakil Wali Kota Palopo Terpilih di Makassar.

Pada peringatan HUT ke-16 Kota Palopo, Andi Arwin juga menyampaikan, momentum ini sebagai ajang rekonsiliasi kembali sesama Wija To Luwu.

“Pasca pilkada saya mengajak semua saling merangkul pundak satu sama lain membangun daerah lebih maju,” ajaknya.

Saat ini wajah Kota Palopo telah berubah dan terus berkembang ditandai dengan banyaknya inovasi dan prestasi tercipta. Bahkan, sejak 2015, lalu lebih banyak APBD digunakan untuk belanja langsung, tidak lagi untuk belanja tidak langsung.

Ini berarti lebih banyak pembangunan ke masyarakat. Baik melalui bidang kesehatan, pertanian, infrastruktur, dan pendidikan.

Dengan peningkatan tersebut maka pantaslah, jika Kota Palopo membuat predikat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kedua terbaik di Provinsi Sulsel, yakni 76,71 poin. Bahkan rasio ketimpangan pun semakin kecil yakni 0,4. Serta peningkatan pendapatan masyarakat Rp34,1 juta.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Click to comment

Most Popular

To Top