Siap Over Target PAD, Fokus Pembangunan Termninal Songka – Palopo Pos
Metro

Siap Over Target PAD, Fokus Pembangunan Termninal Songka

* Mengukur Kinerja OPD di 2018

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Palopo menggenjot kinerja mereka di tahun 2018 ini. Selain pencapaian target PAD, Dishub juga memaksimalkan pembangunan terminal di Songka, Kecamatan Wara Selatan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palopo, Andi Farid Baso Rahim, mengungkapkan, pihaknya optimistis PAD yang bersumber dari retribusi pelayanan parkir, retribusi pengujian kendaraan bermotor, retribusi jasa usaha terminal, retribusi jasa pelayanan terminal dan retribusi izin trayek bisa maksimal tahun ini.

Dari penerimaan PAD tersebut, Dishub Palopo telah merealisasikan sebesar Rp377.349.000 dari target sebesar Rp720.000.000. “Dari segi pencapaian PAD kami optimis bisa over target,” kata alumnus STPDN ini.

Disamping itu, Dishub berupaya memaksimalkan pembangunan terminal type A di Songka, Wara Selatan. “Mengenai terminal sedang dilakukan penjajakan ke kementerian perhubungan agar pembangunannya bisa berlanjut,” ucap mantan kabag Keuangan Setda Palopo ini.

Menurutnya, hal ini sangat memungkinkan untuk dilakukan sisa kementerian perhubungan mengambil alih aset Pemkot tersebut untuk dikelolanya karena untuk pembangunan terminal type A harus dikelola pemerintah pusat.

Dari beberapa program yang diusulkan untuk dianggarkan yang belum terealisasi sisa penyusunan dokumen kebutuhan taksi di Kota Palopo serta belanja pengujian kendaraan bermotor. “Serapan anggaran kami sudah 45 persen atau sekitar Rp2,9 miliar dari Rp5,2 miliar lebih di tahun anggaran 2018 ini,” jelasnya.

Sementara yang sudah dilakukan yakni program rutin mereka yaitu pengawasan jalur lalu-lintas, penciptaan keamanan dan kenyamanan penumpang, rehabilitasi dan pemeliharaan sarana lalu lintas dan angkutan jalan, serta uji kelayakan sarana transportasi untuk keselamatan penumpang.

“Namun saat ini yang kami fokuskan yakni peningkatan penerimaan PAD serta lanjutan pembangunan terminal songka,” tandasnya. (ald/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top