Soni Kasi Nama Telur Libido – Palopo Pos
Metro

Soni Kasi Nama Telur Libido

* Gubernur: Pak Jokowi, Telur Palopo Tinggi Proteinnya

PALOPO — Gubernur Sulsel Soni Sumarsono sudah melapor ke Presiden Jokowi soal pengembangan ayam di UPTD Mancani, Kota Palopo. Kemajuannya luar biasa. Sudah hasilkan telur. Bisa menetas. Ke Jokowi, ia menyebut telur ayam kampung unggul badan litbang (KUB) Palopo tinggi proteinnya. Gubernur kasi nama agak keren. Namanya telur libido.

Baru-baru ini, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wajo. Ada Gubernur Soni Sumarsono mendampingi. Selama di Wajo, pj gubernur Sulsel memanfaatkannya untuk mempromosikan daerah-daerah di Sulsel yang sudah pesat perkembangan pembangunan.

Termasuk Kota Palopo. Kata dia, Palopo menjadi icon pengembangan ayam di Indonesia Timur.
“Pengembangan ayam hanya ada di Sumatera dan Palopo. Palopo ini luar biasa,” ucap Soni Sumarsono, saat memberikan sambutan usai melantik Andi Arwien sebagai pejabat wali kota Palopo, Senin 9 Juli 2018, di lapangan Pancasila.

Di hadapan ribuan undangan yang menghadiri pelantikan dan dirangkai dengan peringatan HUT Palopo ke-16, ia mengungkap respon Jokowi terhadap peternakan ayam Palopo. “Beliau sangat merespon. Banyak menteri juga penasaran,” terang dirjen otda kemendagri ini.

Sampai-sampai, katanya, ada menteri di kabinet Jokowi-JK mau ke Palopo hanya mau membuktikan omongan gubernur Soni tersebut.
Mereka penasaran saat gubernur Soni kasi bumbu nama telur yang dihasilkan ayam KUB. Namanya cukup keren. Ia beri nama telur libido.

Dengar nama tersebut, lanjut Soni Sumarsono, Presiden Jokowi saat itu tertarik. Kata dia, Jokowi sempat tersenyum saat mendengar nama telur tersebut. “Pak Jokowi, telur ini mengandung protein yang tinggi. Sudah diujicoba di klinik dan lab,” ucapnya. “Lebih tinggi dari ayam kampung biasa,” lanjutnya.

Menurut gubernur Soni, selain tinggi kandungan protein, dari nilai promo lebih baik ketimbang disebut telur ayam KUB. “Lebih susah dimengerti kalau telur ayam KUB. Kalau telur libido, orang cepat ngerti,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, gubernur Soni rencana tugaskan pj wali kota untuk membawa telur libido ke Jakarta. Kemana? Ya, telur ini akan dibawa ke Presiden Jokowi.
Salah satu yang tertarik terhadap pengembangan ayam KUB adalah bupati Takalar. Ia rencana akan studi banding dan melihat dari dekat produksi ayam KUB di Mancani.

Gubernur Soni Sumarsono sudah dua kali ke Palopo. Kunjungan pertama sejak dilantik sebagai pejabat gubernur Sulsel bulan Juni, lalu. Di hari pertama kunker di Palopo, ia menyempatkan diri berkunjung ke UPTD Mancani. Ia melihat dari dekat telur produksi ayam KUB dan pengembangan ternak ayam.

Setelah mengetahui kandungan protein pada telur ayam KUB, ia langsung beri nama telur libido.
Untuk diketahui, Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan (DPPP) Kota Palopo sudah mulai memasarkan bibit ayam kampung unggul badan litbang (KUB) ke luar daerah.

”Layanan ini dibuka dimaksudkan untuk memberikan tambahan PAD Kota Palopo,” ujar Kepala Dinas PPP Kota Palopo, Harisman, Minggu 8 Juli 2018, lalu.
Ia mengatakan, pihaknya telah membuka layanan itu ke beberapa daerah. Misalnya, Kabupaten Enrenkang, Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Luwu Utara.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Palopo yang dipimpin Alfri Jamil, mengakui keberadaan bibit ayam KUB saat ini sudah banyak disalurkan ke masyarakat. Program untuk 1000 kandang sudah 100 persen terealisasi. “Ini bisa menjadi tambahan PAD untuk Kota Palopo kata Alfri Jamil. (ary)

Click to comment

Most Popular

To Top