Alumni UNCP Diundang Bappenas Jadi Pembicara di IDF – Palopo Pos
Metro

Alumni UNCP Diundang Bappenas Jadi Pembicara di IDF

USIANYA tergolong muda. Namun, ide dan inovasi yang dilakukan telah mengantarkannya ke Indonesia Development Forum (IDF) 2018. Kegiatan ini digelar oleh Kementerian PPN/Bappenas bekerjasama dengan pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI).

Ia tak pernah membayangkan akan tampil di forum internatonal tersebut. Namun, mimpinya jadi kenyataan ketika menerima undangan dari Bappenas. Ia akan tampil jadi pembicara utama di IDF.

”Saya terpilih sebagai pemenang di pasar ide dan inovasi dengan judul ekonomi kerakyatan berbasis PRO-SUER (program penyediaan sarana usaha ekonomi rakyat). Basis gagasannya pada community learning center dan rumah usaha bersama,” ujar Afrianto, S.Pd, 32 tahun, kepada Palopo Pos. Ia saat dihubungi sedang berbaur dengan peserta IDF dari berbagai negara dan daerah di Indonesia.

Terkait soal kesiapan jadi pemateri, ujar aktivis LSM asal Palopo, segala sesuatu untuk persiapan persentase sudah disiapkan. ”Saya akan tampil di depan peserta forum besok (hari ini, red). Ia akan berbagi dengan peserta soal ekonomi kerakyatan berbasis PRO-SUER (program penyediaan sarana usaha ekonomi rakyat),” papar bapak dua orang ini.

Kata dia, IDF adalah merupakan wadah bagi para pihak untuk bertemu dan memberikan solusi langsung bagi pemerintah Indonesia untuk menurunkan disparitas antar daerah yang menjadi prioritas Presiden Jokowi.

Tak hanya menampilkan paparan dari para ahli dan akademisi, IDF juga memberi peluang bagi pemangku kepentingan untuk menonjolkan cerita sukses di tingkat lokal yang dapat diadopsi di skala nasional.

”Kebetulan saya masuk salah satunya. Saya akan kupas seputar ekonomi kerakyatan berbasis pro suer,” tambah warga Kelurahan Benteng, Kecamatan Wara Timur.

Afrianto adalah anak dari pasangan Nurdin dengan Kurniasi. Ia lahir di Radda, 14 Agustus 1985 (32 tahun). Ia berprofesi sebagai LSM dengan jabatan koordinator PHR (Pendidikan Hukum Rakyat). Ia alumni UNCP Palopo tahun 2008. (ary)

Click to comment
To Top