Dukungan Anggaran Tak Masalah – Palopo Pos
Utama

Dukungan Anggaran Tak Masalah

*Persiapan FKN 2019 Kedatuan Luwu

PALOPO — Kedatuan Luwu menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara (FKN) tahun 2019, mendatang. Berbagai persiapan pun terus dimatangkan panitia.

Salah satu hal penting yang saat ini dibutuhkan adalah kesiapan anggaran dalam melakukan persiapan.

Kebetulan, Pj Gubernur Sulsel Sumarsono berkesempatan mengunjungi Istana Kedatuan Luwu, Senin sore 9 Juli 2018. Yang dirangkaikan dengan penganugerahan gelar adat kepada Dirjen Otoda Kemdagri ini, yakni pemberian nama “To Palindrungi”.

Diksempatan itu, Pj Wali Kota Palopo Andi Arwin Azis mengungkapkan, jika Kedatuan Luwu akan menyelenggarakan FKN tahun depan.

Agar event ini berjalan dengan baik perlu kiranya mendapat dukungan anggaran dari pemerintah provinsi.

FKN ini, kata Arwin, sebagai momentum upaya eksistensi keluhuran budaya Tanah Luwu dan kejayaan Kedatuan Luwu.

Sebagaimana diketahui, FKN ini tak hanya dihadiri raja-raja se-Nusantara. Tapi juga raja-raja dari sejumlah negara lain.

“FKN ini salah satu upaya kita menjaga eksistensi budaya Tanah Luwu,” ucapnya di Istana Kedatuan Luwu. Bak gayung bersambut, Pj Gubernur Sulsel Sumarsono pun menyambut baik akan pelaksanaan FKN di Kedatuan Luwu.

Untuk itu, ia menyatakan kesiapan memberikan dukungan penuh akan jalannya event akbar nusantara ini. Termasuk dukungan anggaran.

“Pemprov siap memberikan dukungan penuh pelaksanaan FKN 2019 di Kedatuan Luwu. Ini penting demi menjaga nama baik Sulsel dan bangsa Indonesia di mata dunia,” ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, sepulang dari Palopo, ia akan langsung memerintahkan Kepala Bappeda Provinsi Sulsel yang kebetulan ikut hadir agar mempersiapkan bantuan tersebut.

Tanah Luwu, kata Sumarsono, sangat unik. Disini tiga nilai bisa bersatu dan berjalan bersama. Yakni arus modenirisasi terus berkembang, disatu sisi tata nilai budaya juga tetap terjaga, dan nilai religius juga terus tumbuh. “Saya kira kalau ini dijaga, maka Tanah Luwu akan terus adem ayem,” sebutnya.

Sebagaimana diketahui, event FKN sesuai estimasi panitia akan membutuhkan anggaran sebesar Rp9,4 miliar.

Anggaran ini didapat dari alokasi anggaran dari 4 daerah di Tanah Luwu, yakni Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur. Dukungan Pemerintah Provinsi Sulsel menjadi sangat berarti.(idr)

Click to comment

Most Popular

To Top