Hari ke-7, Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi – Palopo Pos
Politik

Hari ke-7, Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi

PALOPO — Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di KPU Palopo hingga hari ke-7 dibuka, masih sepi. Belum ada partai yang datang untuk mendaftarkan bakal calegnya ke KPU.

Komisioner KPU Palopo, Faisal Msutafa, SH, mengaku sejak dibuka pendaftaran tanggal 4 Juli 2018 hingga hari ini, belum ada partai yang mendaftarkan bakal calegnya ke KPU.

Namun, beberapa partai yang datang hanya melakukan konsultasi terkait syarat kelengkapan pendaftaran bakal caleg. “Sampai dengan hari ini hari ke 7 hari Selasa, tanggal 10 Juli 2018 belum ada partai politik yang melakukan pengajuan,” katanya siang kemarin.

Diperkirkan bakal ada ratusan lebih bakal caleg yang akan mendaftar ke KPU Palopo. Jumlah itu berdasarkan asumsi jika semua partai politik yang lolos verifikasi mendaftarkan kadernya sesuai pagu maksimal.

Setiap partai politik berhak mendaftarkan 25 orang bakal caleg sesuai dengan jumlah kursi di DPRD Palopo.

“Yang pertama tentang syarat partai, mereka harus ada tanda tangan partai, keterwakilan 30 persen perempuan termasuk penempatanya,” katanya.

Ia menambahkan, pengajuan bacaleg, dilakukan masing-masing parpol yang lolos verifikasi tingkat pusat. Bacaleg nantinya tersebar di tiga daerah pemilihan (Dapil) di Kota Palopo.

Dijelaskan, partai politik peserta pemilu 2019, diberi waktu hingga tanggal 17 Juli, untuk mendaftarkan bakal calegnya ke KPU. Pendaftaran bakal caleg akan ditutup tepat pukul 24.00 Wita, atau jam 12 malam. Setelah masa pendaftaran, selanjuntya ada masa perbaikan selama satu minggu.

“Dalam masa perbaikan ini bakal caleg yang sudah mendaftar diberi kesempatan untuk memperbaiki berkas persyaratan pendaftaran calegnya sebelum nantinya ditetapkan sebagai daftar caleg tetap (DCT) pemilihan legeslatif 2019 akan datang,” terangnya.

Sementara itu, Samsul Alam, mantan komisioner KPU Palopo, mengatakan, berkas caleg yang mau bertarung di kabupaten/kota, berkasnya masuk di KPU setempat.

Sedangkan berkas caleg yang maju di provinsi, berkasnya masuk di KPU provinsi. Begitu juga berkas caleg untuk DPR RI pusat.

”Saya misalnya yang mau maju caleg provinsi, berkas saya masuk di KPU provinsi,” ujarnya. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top