Kroasia vs Inggris Ujian Mental Juara – Palopo Pos
Olahraga

Kroasia vs Inggris Ujian Mental Juara

Kamis, 12 Juli 2018 Pukul 02:00 WITA
Stadion Luzhniki

MOSKOW –– Juara dunia 1966, yang dijuluki the Three Lions, Inggris akan tampil di semifinal Piala Dunia 2018 melawan Kroasia, di Luzhniki Stadium Moskow, Kamis dinihari 12 Juli pukul 02.00 Wita.
Kedua tim dipastikan akan mati-matian untuk meraih kemenangan agar dapat memastikan diri tampil di final pada gelaran Piala Dunia edisi kali ini.

Inggris memiliki peluang terbaik dalam beberapa dekade untuk mengangkat Piala Dunia, setelah gagal di semifinal 1990. Kini, tim besutan pelatih Gareth Southgate, yang sejak awal tidak diperhitungkan oleh media di Inggris, menghentak. Para pemain muda mereka, mampu lolos hingga ke semifinal, menyingkirkan Swedia dengan telak 2-0.

Mantan pemain internasional Inggris Gary Neville, yang merupakan asisten Roy Hodgson ketika mereka tersingkir oleh Islandia di babak 16 besar di Euro 2016, merasa para pemain saat ini telah menunjukkan kedewasaan besar sepanjang turnamen di Rusia.

“Saya harus mengatakan selama 25 tahun terakhir Inggris, ketika kami menang, kami biasanya jatuh dalam dan diindungi, dan ketika kami kalah, kami putus asa,” kata Neville kepada ITV.
Kane menjadi andalan utama untuk membobol gawang lawan. Namun saat Kane bisa dimatikan, rekan-rekannya yang lain mampu mengambil alih tugas tersebut, seperti yang kita lihat ketika mereka menang atas Swedia.

Dengan Jordan Pickford yang tangguh di bawah mistar, John Stones dan rekan-rekannya yang cukup disiplin di jantung pertahanan, serta barisan tengah yang siap bekerja keras tanpa kenal lelah, Inggris boleh optimistis bakal mengalahkan Kroasia. Namun bukan berarti mereka boleh memandang Vatreni sebelah mata.

Namun, tim yang akan dihadapi Inggris di semifinal, bukan lawan mudah. Kroasia. Sosok Modric, Mandzukic, Kharamaric, Perisic, Ivan Karitic, bisa menjadi sosok-sosok yang menggagalkan langkah mereka ke final untuk pertama kali sejak 1966.

Kroasia belum pernah mencapai final Piala Dunia, tetapi berhasil mencapai semifinal pada 1998, ketika kalah dari juara Prancis. Dalam tiga perjalanan terakhirnya di Piala Dunia, orang-orang Kroasia gagal maju dari grup, dengan total dua kemenangan.

Kroasia memiliki banyak pemain yang bisa mencetak gol di kotak penalti. Luka Modric mencetak gol dalam dua pertandingan pertamanya melawan Nigeria dan Argentina. Dan Ivan Perisic mencetak gol kemenangan melawan Islandia yang memungkinkan pasukannya untuk mengklaim Grup D.

Kroasia ini juga punya mental baja. Dua kemenangan beruntun lewat adu penalti melawan Denmark di babak 16 besar dan tuan rumah Rusia di perempat final adalah buktinya.

“Kami menguras begitu banyak energi selama enam hari terakhir. Kami memainkan dua pertandingan, total 240 menit, dan itu jelas akan jadi kendala. Kami akan lakukan segalanya demi memulihkan tenaga dan saya yakin kami mendapatkan energi untuk melawan Inggris,” kata Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic.
Berbicara head to head dalam tujuh pertandingan terakhir, Inggris unggul dengan empat kali meraih kemenangan dan Kroasia hanya dua kali meraih kemenangan.

Ketika kita berbicara semifinal turnamen sekelas Piala Dunia, maka faktor mental akan berbicara. Kedua tim memiliki skuat yang sudah kenyang pengalaman soal partai besar di level klub. Tapi di sini kecerdasan pelatih akan sangat diuji, Gareth Southgate sejauh ini sudah menunjukkan bagaimana pola pikir yang ia terapkan untuk Three Lions.

Nampaknya, Inggris akan mampu meredam agresivitas Kroasia, melihat hasil terakhir di fase gugur.(net/idr)

Kroasia (4-2-3-1): Subasic; Strinic, Vida, Lovren, Corluka; Brozovic, Rakitic; Perisic, Modric, Rebic; Mandzukic

Inggris (3-5-2): Pickford; Maguire, Stone, Walker; Young, Lingard, Henderson, Alli, Trippier; Sterling, Kane

Click to comment

Most Popular

To Top