Petani Kakao Berharap Pabrik – Palopo Pos
Luwu Utara

Petani Kakao Berharap Pabrik

MASAMBA — Dalam pertemuan dan diskusi dengan petani kakao dan kelompok tani kakao di Desa Batu Alang, Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara.

Para petani kakao rata-rata meminta bantuan kepada Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), anggota Komisi IV DPR RI, HM.Luthfi A Mutty dan Fadholi, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang, Kaban Litbang Kementerian Pertanian Muh Syakir, agar menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk membangun pabrik olahan kakao di daerah kami.

“Atas nama masyarakat dan Kelompok Tani Kakao, usul kami kepada Wantimpres mohon disampaikan kepada Bapak Presiden agar di Kabupaten Luwu Utara dibangun pabrik kakao, karena potensi kakao di daerah ini cukup melimpah,” ujar Ketua BPD Batu Alang, Syabir pada pertemuan dengan tim Wantimpres di halaman Kantor Desa Batu Alang, Kecamatan Sabbang, Selasa, kemarin.

Ucok panggilan akrab Ketua BPD Batu Alang yang juga petani Kakao mengatakan, potensi kakao di daerah Lutra sangat besar namun petani sampai sekarang belum bisa menjual kakao biji kering.

Dulu, kata Syabir, Kecamatan Sabbang adalah penghasil kakao satu-satunya yang banyak di Luwu Utara, namun sejak beberapa tahun terakhir ini, tingkat produktivitas tanaman kakao mengalami penurunan disebabkan beberapa faktor, di antaranya serangan hama, usia tanaman sudah tua, pola budidaya yang masih tradisional serta terjadinya fluktuasi harga kakao.

Menurutnya, Kabupaten Luwu Utara memiliki kekayaan luar biasa, tapi belum dikelolah dengan optimal.

Kunjungan tim Wantimpres ke Desa Batu Alang Kecamatan Sabbang, dalam rangka menggali informasi terkait masalah dan hambatan dalam pengembangan perkebunan kakao.

“Tugas kami bagaimana meningkatkan ekonomi petani. Nanti hasil dari kunjungan ini akan kami sampaikan kepada Presiden,” ujar Sekretaris Watimpres Mayjen Purn IGK Manila.

Tutur hadir dalam kunjungan tersebut Walikota Palopo, Judas Amir, Koramil Sabbang, Kapolsek Sabbang, Kadis DKP dan anggota Armiady, Kadis Tanaman Pangan Horticultura Perkebunan Agus Lambong dan anggota, Perhubungan, Satpol PP, para penyuluh pertanian, Camat Sabbang Nuralim, Kurah Marobo Imran Djaddung, para Kepala Desa dan masyarajat petani Kakao di Kecamatan Sabbang. (jun/him)

Click to comment

Most Popular

To Top