Sumarsono Surati Presiden untuk Resmikan Bandara Bua – Palopo Pos
Utama

Sumarsono Surati Presiden untuk Resmikan Bandara Bua

*Diusul Ganti Nama, Opu Daeng Risadju Dinilai Layak

BELOPA — Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono sebelum bertolak kembali ke Makassar, menyempatkan meninjau terminal baru Bandara Lagaligo Bua.

Untuk itu, ia berharap agar Presiden Jokowi dapat secara langsung meresmikan bandara tersebut. Dalam waktu dekat ini pemprov langsung akan bersurat ke Istana Merdeka, dan berharap mendapat balasan.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono berharap peresmian bandara tersebut dapat dilaksanakan Agustus mendatang, sekaligus sebagai hadiah atau kado perayaan HUT RI oleh Presiden untuk warga Luwu.

“Saya berharap peresmian Bandara Bua bisa diakukan pada bulan Agustus sebagai hadiah Agustus-an oleh Bapak Presiden, olehnya itu ada waktu satu bulan untuk mengusulkan nama itu, dua minggu-lah saya harapkan nama sudah disampaikan,” harapnya saat di Bandara Bua, Selasa 10 Juli 2018.

Sumarsono optimistis presiden akan berkenan meresmikan Bandara Bua, namun harus sekaligus dengan beberapa kegiatan lain, misalnya bersamaan dengan peresmian pasar induk beras di Parepare, atau PLTP Jeneponto.

“Jadi saya kira rangkaian kegiatan bisa kita kombinasi untuk sekali kunjungan bisa meresmikan beberapa tempat,” sebutnya.

Pihaknya mengajukan beberapa usulan nama. Salah satunya Bandara I Lagaligo. Namun untuk penentuan namanya, diserahkan pada pemerintah pusat.

“Mengenai kapan, ini kewenangan pemerintah pusat untuk mengatur jadwal. Bersedia atau tidak bersedia, kalau bersedia, kapan, tugas kami hanya mengusulkan dan menyiapkan segala sesuatunya,” imbuhnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Sumarsono, menambahkan, selain memohon kesediaan Presiden untuk meresmikan bandara tersebut, pihaknya juga akan mengusulkan sejumlah nama untuk bandara yang belum bernama itu.

“Bandara Bua ini belum diresmikan, tapi kami berharap Bandara Bua ini bisa diresmikan oleh Joko Widodo sekaligus memberikan nama.

Karena nama Bua adalah nama kampung, kita akan memberi nama dan nama itu sedang dikoordinasikan sebagai bentuk usulan baik oleh Bupati Luwu, Wali Kota Palopo dan bupati sekitarnya serta masukan dari masyarakat,” ujarnya.

Saat ini di masyarakat mencuat beberapa nama yang dinilai layakn menjadi nama bandara Lagaligo Bua. Seperti mantan Bupati Luwu, Dr Kamrul Kasim, dan juga ada nama pahlawan nasional Opu Daeng Risadju dan sejumlah nama yang pantas. (fan/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top