UPTD Mancani Produksi 1.000 Telur Libido/Hari – Palopo Pos
Metro

UPTD Mancani Produksi 1.000 Telur Libido/Hari

PALOPO — Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan (DPPP) Kota Palopo, Harisman, SP, mengatakan, UPDT Mancani telah memproduksi ribuan telur per hari. Khusus ayam Kampung Unggul Badan Litbang (KUB) telah menghaslkan 1.000-an telur per hari.

Telur ayam KUB inilah yang disebut Gubernur Sulsel Soni Sumarsono telur libido. ”Telur libido bisa diproduksi 1.000-an per hari,” kata Harisman, saat dihubungi sedang mendampingi Jan Darmadi, anggota Dewan Pertimbangan Presiden di Masamba, Selasa 10 Juli 2018, kemarin.

Telur ini, lanjutnya, bisa menetas pada mesin penetas di UPTD Mancani. Mesin tetas sebagai pengganti indukan untuk menetaskan ayam kampung, tingkat fertilitas telur menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan tahap penetasan telur.

Ketika ditanya jumlah ternak ayam KUB di UPTD Mancani, Harisman belum bisa menyebut datanya. ”Angka-angkanya ada pada kepala UPTD Mancani. Nanti saya coba hubungi. Pastinya 1000-an telur libido bisa dihasilkan setiap hari dari ayam kampung tersebut,” tandas Harisman.

Telur ayam KUB di UPTD Mancani diakui oleh Gubernur Sulsel Soni Sumarsoni memiliki kandungan protein yang tinggi. Ia lebih sreg dengan sebutan telur libido dari ayam kampung tersebut. Katanya, kalau menyebut telur libido orang langsung tertarik.

”Kalau menyebutnya dengan telur ayam KUB, orang susah ngerti dan tidak tertarik,” katanya, saat memberikan sambutan di acara peringatan HUT Palopo ke-16 dan pelantikan pj wali kota Palopo, Senin, lalu. (ary)

Click to comment

Most Popular

To Top