2019, Pembangunan Fisik Terminal Palopo Dimulai – Palopo Pos
Utama

2019, Pembangunan Fisik Terminal Palopo Dimulai

*Pemkot Segera Serahkan Aset Lahan ke Kemenhub

PALOPO — Pembangunan fisik Terminal Tipe A Palopo direncanakan dimulai tahun 2019, mendatang. Untuk mempercepat realisasi pengalokasian anggarannya, Pemkot Palopo diminta segera melakukan penyerahan aset lahan terminal ke Kementerian Perhubungan.

Hal inilah yang sementara dikerjakan Dinas Perhubungan Kota Palopo. Dikatakan Kadishub Palopo Andi Farid Baso Rachim, berdasarkan UU, kewenangan pembangunan Terminal Tipe A adalah pusat, yakni Kemenhub. Pemkot Palopo dalam hal ini hanya menyediakan lahannya. Dan itu telah dipenuhi.

“Kita sudah lakukan pengukuran dengan Badan Pertanahan, Senin lalu, titik-titik mana saja yang akan diserahkan ke Kemenhub. Wali Kota Palopo waktu itu HM Judas Amir juga telah menyetujui untuk menyerahkan aset tanah seluas 3,5 hektare ke Kemenhub,” kata Andi Baso, Rabu 11 Juli 2018.

Penyerahan lahan terminal ditandai nantinya dengan penyerahan sertifikat lahan 3,5 ha.

Mempercepat pengalokasian anggaran pembangunan Terminal Tipe A, Anggota Komisi V DPR RI Bahrum Daido juga telah membicarakan jumlah anggarannya yang akan di-plot-kan. “Kita harapkan secepatnya serah terima aset sertifikat lahan Terminal Tipe A dapat dilakukan. Mengingat sekarang lagi pembahasan APN 2019 di DPR, sehingga anggaran pembangunan Terminal Palopo juga dapat kita alokasikan,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Bahrum bersama anggota Komisi V DPR RI berkomitmen, agar Terminal Tipe A Palopo ini mendapat anggaran cukup untuk pembangunan nantinya.

Sebagaimana diketahui, Januari lalu, pimpinan Komisi V DPR dan sejumlah anggota DPR RI melihat langsung lokasi pembangunan Terminal Tipe A.

Dengan keberadaan Terminal Tipe A Palopo dapat memudahkan arus transportasi lintas Sulawesi. Pasalnya, selain sebagai tujuan kota atau daerah tujuan, Palopo juga merupakan daerah lintas angkutan provinsi dari Makassar ke Poso, Kendari ke Manado melalui jalur darat, sehingga kebutuhan terminal besar sudah sangat dibutuhkan.(idr)

Click to comment

Most Popular

To Top