Anggaran Desa Tarabbi Rp1,5 Miliar – Palopo Pos
Luwu Timur

Anggaran Desa Tarabbi Rp1,5 Miliar

MALILI — Anggaran Desa Tarabbi Kecamatan Malili yang dialokasikan di tahun 2018 ini mencapai Rp1,5 Miliar. Dimana dana ini bersumber dari APBN Dana Desa Rp946 Juta, dan APBD Dana Desa Rp519 Juta. Ditambah bagi hasil pajak Rp80 Juta.

Anggaran senilai itu semuanya dipergunakan untuk membiayai kegiatan fisik dan non fisik selama satu tahun anggaran di desa ini. Adapun sistem pencairannya dilakukan per triwulan, dengan pembagian triwulan pertama 20%, triwulan kedua 40% dan triwulan ketiga 40%.

Sekretaris Desa Tarabbi, Anwar Palli, SH yang didampingi TPK Desa, Gabriel, dan sejumlah aparatnya, mengatakan, penggunaan anggaran tersebut dilakukan berdasarkan ketentuan desa dengan sistem skala prioritas.

“Kita melihat yang mana yang dianggap penting maka itulah yang kita dahulukan,” jelas Anwar kepada Palopo Pos, Rabu 11 Juli 2018.

Tapi untuk diketahui, dalam meletakkan anggaran ini, itu dibagi atas 70% untuk membiayai kegiatan fisik dan non fisik. Sementara 30% untuk membiayai kesejahteraan aparatur Desa Tarabbi.

Ada sebelas (11) item kegiatan yang telah diprogramkan untuk dilaksanakan di tahun 2018 ini, antara lain: pembangunan dranace sepanjang 200 meter, pengerasan jalan di dusun Temmasserangge dan Tengkosituru, pembuatan talut di dusun Lemba, serta lima unit plat duikker.

“Untuk kegiatan pencairan tahap pertama sebesar Rp180 Juta, itu sudah berjalan dan tinggal pelaksanaan tahap kedua,” jelas Anwar.

Sekedar diketahui, pengalokasian anggaran desa tersebut, sesungguhnya sudah diatur sesuai penggunaan dan pembagiannya. Tapi dengan melihat kebutuhkan masyarakat yang diprioritaskan yang diputuskan melalui musyawarah desa (musrenbang).

Untuk kegiatan nonfisik di desa, itu diarahkan untuk membiayai kegiatan kemasyarakatan seperti karang taruna, PKK, Bundes.

“Yang jelasnya, dengan anggaran itu, kita tetap selektif dan selalu berpihak pada kepentingan masyarakat banyak. Untuk itu kita berharap anggaran desa seperti bisa terus berlanjut, karena manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat,” kunci Anwar. (akm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top