Bacalag PBB Langsung Tancap Gas – Palopo Pos
Politik

Bacalag PBB Langsung Tancap Gas

* Soal PT Tak Berlaku ke Daerah

PALOPO — Menyusul adanya pernyataan komisioner KPU Palopo yang menyebut Parliamentary Threshold (PT) tak berlaku sampai ke penghitungan kursi DPRD provinsi, kabupaten/kota, sejumlah bacaleg dari partai pendatang baru langsung bersemangat.

Mereka langsung tancap gas untuk melengkapi berkasnya untuk masuk daftar caleg.
”Tidak ada lagi keraguan kalau begitu. Insya Allah, kalau untuk perebutan kursi DPRD Palopo, kami bisa bersaing dengan bacaleg dari partai besar,” ujar salah seorang bacaleg, kemarin.

Hal senada juga dikemukakan Abd Jawad, legislator asal PBB Kota Palopo. Ia awalnya bingung memahami aturan main pemilu 2019. Apalagi, ada kenaikan pada PT dari pemilu 2014. Sekarang PT-nya 4 persen. Pada pemilu 2014, PT sekitar 3,5 persen. ”Itu yang tepat. PT hanya berlaku untuk penghitungan kursi DPR RI.

Sedangkan DPRD provinsi, kabupaten/kota tetap diikutkan penghitungan,” ujar Abd Jawad, saat dihubungi Palopo Pos, via seluler, sore, kemarin.
Di UU Pemilu, ada memang pasal yang mengatur soal itu. ”Namun, pasal tersebut tidak menyeluruh,” ujarnya.

Dengan adanya penjelasan dari Faisal Mustafa, komisioner KPU Palopo, ia dan beberapa bacaleg pendatang baru sudah siap action di lapangan.
Di pemilu 2019, Abd Jawad didorong oleh keluarga dan partainya untuk bertarung maju di DPRD Sulsel. ”Atas dorongan keluarga tersebut, saya putuskan untuk maju DPRD Sulsel,” tegasnya.

Seperti diberitakan edisi, kemarin, Faisal Mustafa, SH, mengatakan, ambang batas perolehan suara 4% dari jumlah suara sah nasional hanya bagi kursi anggota DPR (berarti di pusat).

Sedangkan untuk kursi DPRD, baik Provinsi maupun DPRD kab/Kota, seluruh parpol peserta pemilu diikutkan dalam penentuan perolehan kursi.
”Ini diatur dalam UU No 7 tahun 2017 tentang pemilu pasal 414,” tandas Faisal.

Hal senada juga dikemukakan Samsul Alam. Kata dia, PT 4 persen hanya berlaku untuk kursi DPR seperti pada pemilu 2014.

”Berlaku di tingkat nasional-ji. Tidak sampai ke daerah,” ujar Samsul Alam. (ary)

Click to comment

Most Popular

To Top