DJM: Bekerjasama Dukung Toraja Bebas Narkoba – Palopo Pos
Toraja

DJM: Bekerjasama Dukung Toraja Bebas Narkoba

*Dari Pelantikan Pengurus LSM Baranato

RANTEPAO — Pelantikan pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Anti Narkoba Toraja (Baranato), resmi berdiri di Toraja Utara. Dengan mengusung tema “Bersama Kita Lawan Narkoba”, yang digagas oleh Kepala Dinas PUPR Papua Djuli Mambaya.

Dalam pelantikan tersebut Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan memberikan Pataka kepada Ketua Umum Baranato yang juga Kadis PUPR Papua Djuli Mambaya, di Gedung Van De Loostrech Rantepao, Toraja Utara, Selasa malam, 10 Juli 2018.

Pelaksanaan pelantikan ini bertepatan dengan hari peringatan Pahlawan Nasional Pongtiku.

Pelantikan diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelantikan LSM Baranato, Yoel Rombe Datubakka. Dirinya menjelaskan bahwa
LSM Baranato ini akan melaksanakan tugasnya untuk bekerjasama dengan dinas terkait, pemda, masyarakat, mahasiswa dan pelajar.

Ketua Umum LSM Baranato, Djuli Mambaya dalam sambutannya katakan bahwa pelantikan ini untuk menghargai hari Pahlawan Nasional Pongtiku.

“Semangat Pongtiku dengan senjata khasnya Tirrik Lada (semprotan cabe cair) yang bisa buat pasukan Belanda kocar-kacir saat itu,” ujarnya.

Pelantikan pengurus Baranto dihari peringatan pahlawan Pongtiku diambil agar semangat perjuangannya dapat diikuti oleh pengurus dan anggota Baranato. Dalam melawan Narkoba di Toraja, ungkap Djuli.

Ditambahkan DJM panggilan akrabnya, bahwa 170 tahun yang lalu lahir Pongtiku, dan 111 tahun yang lalu Pongtiku wafat untuk melawan penjajah. Hari ini (selasa,red) Baranato lahir untuk melawan narkoba di Toraja. Semoga pemerintah dari kedua kabupaten ini serta instansi terkait bisa mendukung dan bekerjasama agar Toraja bebas dari narkoba, terang DJM.

Perwakilan dari BNNK Tana Toraja Marthen Sanda Kepala Seksi Pencegahan, katakan bahwa penggiat anti Narkoba ini adalah luara bias. Banyak di Toraja menawarkan diri sebagai penggiat anti narkoba Toraja, permasalahan dari tahun ke tahun semakin meningkat peredaran barang haram ini.

“BNNK Tana Toraja tak hentinya menerima laporan terkait maraknya peredaran narkoba. Kepada seluruh masyarakat silahkan menyurat jika ingin mendapatkan pelayanan informasi dan sosialisasi bahaya serta pencegahan,” tandasnya.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dalam sambutannya mengatakan narkoba itu seperti setan sering disebutkan tapi tidak pernah lihat.

“Begitu banyak peredaran narkoba awasi dengan ketat karena bisa melalui permen dan lain-lain. Saat ini Baranato menjadi partner terbaik Toraja Utara dan saya siap bekerja sama,” terang Kalatiku.

Bupati juga meminta saat rapat kerja pertama beberapa waktu lalu, Baranato nantinya agar diundang untuk ikut. Karena ada saja orang yang akan merusak generasi muda Toraja dengan narkoba. Mari kita bersinergitas dalam memberantas narkoba, untuk dilaksanakan agar sedikit mungkin kita bisa mencegahnya.

“Permasalahan narkoba ini adalah perbuatan yang luar biasa jahatnya karena tidak memandang bulu dan bikin miris. Banyaknya generasi bangsa ini yang terjerumus bahkan sebagai pengedar,” kuncinya.(rp2/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top