Hebat, Ribuan Kasus Terungkap – Palopo Pos
Utama

Hebat, Ribuan Kasus Terungkap

*Berkat Aplikasi Kring Mobile Polres Palopo

PALOPO — Hebat, Polres Palopo berhasil mengungkap ribuan kasus yang terjadi di wilayah hukum Polres Palopo berkat aplikasi “Kring Mobile”.

Dengan aplikasi ini, masyarakat kini lebih mudah menghubungi kepolisian jika sewaktu-waktu mendapati peristiwa atau tindak kriminal disekitarnya.

Kapolres Palopo, AKBP Taswin S.Ik MH mengungkapkan, program kring mobile Polres Palopo ini dibuat sekira pertengahan Juli 2017, lalu. Sejak dikenalkannya ke masyarakat, hampir setiap hari puluhan laporan kejadian yang terjadi di masyarakat masuk melalui aplikasi ini.

Meski telah resmi digunakan sejak tahun lalu, barulah pada Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72 tahun 2018 di Lapangan Pancasila ini dilakukan launching resmi.

Menurut Kapolres, program kring mobile yang digagasnya ini sudah berhasil mengungkap ribuan kasus kejahatan di masyarakat. Dan dianggap sukses menekan tindak kejahatan dan kriminalitas.

“Berbicara berapa kasus yang sudah diungkap melalui kring mobile, jumlahnya tidak bisa lagi saya hitung.

Yang jelasnya sudah sekitar ribuan kasus dengan berbagai macam tindak kriminal sudah dipecahkan,” kata Taswin, kepada Palopo Pos, di HUT Bhayangkara ke-72 di Tribun Utama Pancasila, Rabu, 11 Juli 2018.

Kapolres melauching aplikasi kring mobile di HUT Bhayangkara ke-72 dengan tujuan untuk lebih mengefisiensikan pengamanan di Kota Palopo serta lebih dikenal masyarakat.

Terkait dengan aplikasi kring mobile, masih kata perwira dengan dua bunga ini, sistemnya berbasis android.

Masyarakat Kota Palopo, cukup mendownload aplikasinya di Play Store jika sudah muncul aplikasi kring mobile polres palopo, tekan download.

Nantinya, akan ada muncul pengisian tambahan seperti nama, alamat, nomor KTP dan lain-lain.

Kapolres juga mengingatkan, aplikasi tersebut tidak diperbolehkan untuk bercanda, sebab di aplikasi tersebut sudah ada tertulis peringatan yang bunyinya “Tidak Untuk Main-Main,”.

Masyarakat pun merasa lebih dekat dengan polisi berkat adanya aplikasi kring mobile Polres Palopo. Seperti diungkapkan Lurah Luminda Adria Sigele usai acara launching aplikasi di Lapangan Pancasila.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu lagi repot mencari-cari nomor telephone pihak kepolisian jika terjadi peristiwa dilingkungannya. Cukup dengan menekan tombol call center sudah bisa terhubung dengan Polres Palopo.

Dari penelusuran Palopo Pos di aplikasi kring mobile Polres Palopo ini terdiri dari enam fitur. Yakni call center, pengaduan, layanan publik, info polisi, berita, dan SP2HP. Serta ada tombol darurat.

Melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengirimkan foto dan video suatu peristiwa yang langsung konek dengan server Polres Palopo.

Pada peringatan HUT Bhayangkara itu, dilakukan pula peragaan simulasi penanganan tindak kejahatan dengan menggunakan aplikasi kring mobile.

Bagaimana tim Jatanras memperagakan bagaimana melumpuhkan pelaku kejahatan dengan reaksi cepat ketika mendapat laporan aduan dari kring mobile.

“Masyarakat Kota Palopo yang sudah nemiliki aplikasi kring mobile, tidak lagi repot ke Polres/polsek untuk melapor. Cukup melaporkan kejadian itu melalui aplikasi kring mobile, anggota langsung meluncur ke TKP. Ini kita lakukan untuk pelayanan cepat dan tepat kepada masyarakat,” pungkasnya.

Tukul Menghibur

Di hari yang berbahagia itu, Polres Palopo, mengundang langsung pelawak kondang, Tukul Arwana, untuk menghibur masyarakat Kota Palopo.

Hingga terik matahari berada di ubun-ubun kepala tidak lagi dirasakan masyarakat, karena asyik tertawa dengan penampilan Tukur Arwana yang begitu kocak di atas panggung.

Dengan seragam polisi berpangkat AKBP, Tukul mengocok perut masyarakat dan personel kepolisian yang hadir.
Pada kesempatan itu, juga ada doorprize dibagikan kepada masyarakat yang hadir dan penandatanganan kerjasama dengan Pemkot Palopo. (ded/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top