Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi, KPU Gelisah – Palopo Pos
Luwu

Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi, KPU Gelisah

*Sudah Masuk Hari ke Depalan

BELOPA — Anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu gelisah. Pasalnya, meskipun sudah membuka pendaftaran bakal caleg (Bacaleg) sejak 4 Juli lalu, namun hingga hari ke-8 kemarin belum ada satupun Parpol yang mendaftarkan Bacalegnya, Rabu 11 Juli 2018.

Ketua KPU Luwu, Abdul Thayyib Wahid mengatakan memang ternyata belum satupun Parpol yang mendatangi Desk Pemilu untuk mendaftarkan Bacalegnya.

“Kami sebetulnya sangat menyayangkan hingga hari ke-11 ini belum ada Parpol yang mendaftarkan diri secara kolektif Bacalegnya. Tetapi kami tidak putus asa. Untuk mengoptimalkan tahapan pendaftaran Bacaleg ini kami melakukan pelayanan jemput bola, dengan mendatangi sekretariat Parpol,” kata anggota komisioner KPU Luwu, Suhaeb.

Kedatangan Anggota komisioner KPU Luwu dan staf ke sekretariat yang berada di Ibukota Belopa, merupakan bentuk monitoring yang bertujuan untuk memastikan, Parpol betul-betul siap dalam melakukan pendaftaran Bacaleg serta memberikan pengetahuan kepada staf Parpol terkait pengoperasian dan pengimputan Bacaleg ke dalam sisten informasi pencalonan (SILON).

“Kami sengaja mengunjungi untuk melihat dari dekat kesiapan Parpol dalam hal pemberkasan Bacaleg sebelum didaftarkan. Tujuan lain juga untuk melihat kemampuan pengoperasian Silon. Beberapa waktu lalu kami sudah melakukan Bimtek operator Silon di masing-masing Parpol,” kata Suaheb.

Suhaeb menambahkan, pihaknya berharap pengurus Parpol tidak mendaftarkan Bacalgnya dimasa waktu ‘injury time’ atas pada hari terakhir tanggal 17 Juli mendatang. Pasalnya jika dilakukan dimasa injury time, tidak akan ada kesempatan untuk memperbaiki atau melengkapi berkas.

“Kami sangat berharap pengurus Parpol tidak mengirimkan atau menyerahkan berkas itu di hari terakhir pendaftaran. Karena kalau ada perbaikan kita tidak punya cukup waktu untuk melengkapi kekurangan, ” ungkap Suhaeb.

Selain itu, kata, Suhaeb, jika dokumen yang dibawa parpol belum lengkap, KPU akan mengembalikan dan meminta untuk diperbaiki. Jika sudah lengkap semua, maka KPU akan memberikan tanda terima.

“Nanti begitu sudah lengkap, baru kita terima, diberikan formulir TTPd atau tanda terima, Kalau belum lengkap, akan dikembalikan untuk proses perbaikan,” jelas, Suhaeb. (and/him)

Click to comment

Most Popular

To Top