Sehari, Tiga Kecamatan Sekaligus – Palopo Pos
Metro

Sehari, Tiga Kecamatan Sekaligus

* Rastra APBN Disalurkan

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan Beras Sejahtera (Rastra) APBN di 9 kecamatan. Kegiatan penyaluran rastra dijadwal tiga hari berturut-turut.

Mulai 11-13 Juli 2018. Sehari, dinsos selesaikan tiga kecamatan sekaligus. Keluarga penerima manfaat (KPM) langsung ke kecamatan.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Palopo menjadwal penyaluran Rastra APBN setiap bulannya di sembilan kecamatan dan 48 kelurahan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dimana penyaluran Rastra APBN ini dilakukan dimulai Rabu 11 Juli 2018.

Kepala Dinas Sosial Kota Palopo, M. Tahir, mengatakan, bagi penerima Rastra APBN khusus warga miskin di tiga kecamatan seperti Wara Barat, Mungkajang dan Sendana sudah bisa datang mengambil berasnya ke kantor kecamatan masing-masing. ”Warga penerima Rastra APBN di tiga kecamatan sudah bisa mengambil jatahnya hari ini (kemarin, Red),” sebut Tahir, kepada Palopo Pos, kemarin.

Penerima Rastra APBN untuk Kota Palopo berjumlah 6.109 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Strukturnya, 1 Pendamping, 1 pengawas di setiap kelurahan, 1 kecamatan 1 pengawas dari Tenaga Kesejateraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang berjumlah 9 orang.

Dan 1 kepala bidang (kabid) mengawasi 3 kecamatan, untuk Kecamatan Wara Utara, Bara, dan Telluwanua yang bertanggungjawab adalah Kabid Rehabilitasi Sosial, Arlin. Kecamatan Mungkajang, Wara Barat dan Sendana yang bertanggung jawab Kabid Pemberdayaan Sosial, Nasrul.

Untuk Kecamatan Wara, Wara Timur dan Wara Selatan yang bertanggung jawab adalah Kabid Perlindungan Sosial Hj. Rosnida.

Lanjut M.Tahir, untuk penyaluran Rastra Daerah menunggu kesiapan Bulog diperkirakan paling lambat Maret 2018 sudah tersalur. Pengentasan kemiskinan melalui Rastra Kota Palopo mempunyai andil yang cukup besar, karena Pemkot Palopo mempunyai program Rastra Daerah.

Kata dia, 39 negara mengakui Indonesia sebagai contoh negara pengentasan kemiskinan terbaik di dunia. Pengentasan kemiskinan terbaik di Indonesia adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Beras Sejahtera (Rastra).

”Awalnya, program ini bernama Raskin sekarang Rastra, tapi sasarannya adalah warga yang mengalami permasalahan Kesenjangan Sosial, Pemerintah Kota Palopo hanya menyalurkan sesuai ketentuan UU.

Hanya regulasi yang berubah, sebelumnya disalurkan per triwulan sekarang per bulan. Wujud peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat yang butuh bantuan,” jelasnya.

Kegiatan ini, terang Kadis Sosial, berlaku secara nasional dan alasan mengapa Pemerintah menyalurkan Bansos Rastra karena harga beras yang melambung tinggi. (rhm/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top