Sosialisasi Germas di Masamba, Markus Nari Ajak Warga Gemar Makan Sayur dan Buah – Palopo Pos
Kesehatan

Sosialisasi Germas di Masamba, Markus Nari Ajak Warga Gemar Makan Sayur dan Buah

GERMAS. Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Golkar, Dr Markus Nari melakukan sosialisasi germas di Gedung Pemuda Masamba, Kamis 12 Juli 2018. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

MASAMBA — Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Golkar, Dr Markus Nari melakukan reses di dapil. Kali ini di Ibukota Kabupaten Luwu Utara, Masamba, Kamis 12 Juli 2018.

Reses kali ini dirangkaikan dengan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat atau yang akrab dikenal istilah Germas.

Ratusan masyarakat dari berbagai kalangan usia antusias mengikuti acara tersebut. Pasalnya, selain sebagai narasumber dari DPR RI, juga dari Kementerian Kesehatan RI.

Pada kesempatan itu, Markus Nari mengajak masyarakat di Luwu Utara dan dimana saja agar selalu mengkonsumsi buah dan sayur. Ini untuk menjaga kesehatan.

Tren penyakit saat ini kata Markus, telah berubah dari penyakit menular ke tidak menular. Misalnya, dari TBC di tahun 90-an menjadi penyakit darah tinggi, jantung, diabetes saat ini. Kenapa? Kata Markus, itu terjadi dengan berubahnya pola gaya hidup dalam mengkonsumsi makanan.

“Ayo makan buah dan sayuran agar tetap sehat,” ajaknya dalam acara yang digelar di Gedung Pemuda, Masamba.
Upaya pencegahan dan pengendalian lebih digalakkan saat ini. “Germas ini penting. Bahkan Presiden Jokowi langsung mengeluarkan Inpres nomor 1 tahun 2017 untuk memasyarakatkan germas ini,” ujarnya.
Kesehatan, lanjut Markus adalah tanggung jawab bersama. Bukan hanya pemerintah. Jika sakit ke puskesmas, tetapi bagaimana masyarakat turut serta menjaga kesehatannya.

“Dulu dikenal ada 4 sehat 5 sempurna. Nah sekarang ditambah lagi olahraga,” sebutnya.
Untuk itu, Markus Nari mengajak peserta seminar germas di Gedung Pemuda Masamba agar sekembalinya dari sosialisasi ini menjadi duta germas di keluarga masing-masing.

Sebagai informasi, secara umum, ada 4 tujuan Germas yang diharapkan bisa tercapai dan mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat, diantaranya, menurunkan beban penyakit, meningkatkan produktivitas penduduk, menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan,dan menguatkan sistem kesehatan melalui pendekatan siklus hidup, jaminan kesehatan nasional dan pemerataan layanan kesehatan. Dan ada 7 pola kegiatan yang harus dilaksanakan masyarakat setiap hari agar kualitas hidup sehat meningkat. Yakni, aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayuir, rutin cek kesehatan, membersihkan lingkungan, menggunakan jamban, tidak merokok, dan tidak minum alkohol. (idr)

Click to comment

Most Popular

To Top