Gunawan Hamud Gantikan Sa’pang Allo – Palopo Pos
Toraja

Gunawan Hamud Gantikan Sa’pang Allo

*Sertijab Kepala BPN Toraja Utara

RANTEPAO –— Serah terima jabatan (sertijab) Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Toraja Utara, dari pejabat lama Sa’pang Allo SH kepada pejabat baru Gunawan Hamud A Ptnh MH. Bertempat di Obyek Wisata Ke’te Kesu’ Kamis, 12 Juli 2018.

Hadir dalam sertijab
tersebut diantaranya Sekda Toraja Utara Ride Roni, Kakanwil BPN Sulawesi Selatan HM Hikmad, Kepala BPN Kabupaten Gowa bersama rombongan, Kepala BPN Tana Toraja, Kajari Tana Toraja, Dandim 1414 Tana Toraja, Kapolsek Kesu’, Camat Kesu’, Ketua Yayasan Ke’te Kesu’, dan Notaris/PPAT Tana Toraja dan Toraja Utara.

Mantan Kepala BPN Toraja Utara Sa’pang Allo saat memberikan kata sambutannya jelaskan bahwa kantor Pertanahan Toraja Utara pertama beroperasi tanggal 17 Februari 2015. Bupati Toraja Utara membuka pelayanan secara resmi di Rantepao dan berstatus sebagai kantor perwakilan.

“Saat itu saya menjabat sebagai Kasi Hak Atas Tanah ditunjuk juga sebagai Pejabat Perwakilan Kantor Pertanahan Toraja Utara. Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Forkopimda sangat berperan didalam pembentukan peningkatan status perwakilan kantor menjadi definitif,” terangnya.

Kantor BPN Toraja Utara dirintis selama dua tahun hingga terbentuk dan saat diadakan penilaian dari Kemenpan dan Agraria harus ada hibah tanah dari pemda.

“Toraja Utara adalah daerah pemekaran. Kendala soal pertanahan di Tana Toraja dan Toraja Utara adalah tanah Tongkonan atau tanah adat. Sehingga pemda agak kesulitan dan inilah kearifan lokal yang didalam struktur hukum adat.

Dengan upaya yang maksimal akhirnya berdasarkan peraturan Menteri Agraria nomor 36 tahun 2016 ditingkatkan statusnya menjadi kantor definitif dan satu-satunya diseluruh Indonesia yang ditetapkan menjadi definitif,” paparnya.

Atas perjuangan Kakanwil maka BPN Torut tahun 2018 dapat anggaran untuk pengadaan tanah dan tahun 2019 mendatang Kantor BPN Torut akan dibangun.

Kakanwil BPN Sulsel, HM Hikmad jelaskan kehadiran pimpinan Muspida menandakan kepala kantor yang lama komunikasinya berjalan dengan baik. Untuk kepala kantor BPN yang baru jangan berhenti belajar karena ini Toraja Utara daerah spesifik.

“Bupati Torut Pernah janji saya kalau BPN jadi definitif saya siapkan tanah lahan untuk pembuatan kantor. Tolong dalam hal pengadaan tanah karena BPN ini urus tanah tapi kadang sulit dapat tanah, jika tidak ada bantuan dari bupati, saya kira kita agak kesulitan,” ungkapnya.

Kakanwil BPN Sulsel tambahkan bahwa saat ini anggaran pengadaan untuk tanah sudah ada, jadi tidak susah lagi ada tanahnya kita bangun. Kalau ada yang berakhir tahun 2018 ini belum dapat tanah, ini bisa ditarik anggarannya dan memperjuangkannya di pusat bukan main-main, katanya.

“Tolong Pak Sekda disampaikan ke Pak Bupati supaya ini segera terealisasi,” pinta Kakanwil BPN Sulsel ini.

Sementara, Kepala BPN Toraja Utara yang baru Gunawan Hamud katakan Tongkonan ini suatu bagian dari adat yang selama ini belum tersentuh dengan undang-undang pokok agraria. Maka kami berusaha untuk komunikasikan menyentuh antara tongkonan dan pertanahan.

“Saya harus bisa sambungkan antara tongkonan dengan undang-undang pokok agraria. Saya juga berharap agar bisa diterima dengan baik di Toraja Utara ini dan kepada orang tuaku, senior-senior saya mohon petunjuk dan bimbingan. Mudah-mudahan saya bisa amanah sebagaimana pepetah lama dimana tanah dipijak disitu langit dijunjung,” ungkapnya.

Diketahui untuk anggaran pengadaan tanah sudah ada mudah-mudahan dengan koordinasi bekerjasama dengan pihak Pemda dan pihak terkait bisa saling membantu supaya pengadaan tanah ini bisa terjadi. Tahun 2019 bisa ada anggaran pembangunan fisiknya.

“Untuk masyarakat Toraja Utara saya terbuka dimana pesan tadi dari Pak Kanwil bahwa disini ada spesifik dan ada beberapa permasalahan. Semoga kehadiran kami bisa membantu lebih banyak menangani masalah dan upaya mencegah permasalahannya, dan untuk anggara pengadaan tanah sebesar Rp6 miliar lebih,” kunci Gunawan. (rp2/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top