Kriminal

Apel Opsnal, Amankan Palopo Secara Perventif

*Kapolres Juga Periksa Ruang Tahanan

PALOPO — Bulan Suci Ramadan, Kapolres Palopo AKBP Taswin, SIK, M.H melakukan apel operasional (Opsnal) yang bertujuan umengingatkan sekaligus melatih personilnya tentang teknik melakukan pengamanan dan pemeriksaan terhadap orang yang mencurigakan. Apel Opsnal ini digelar Sabut 27 Mei 2017 malam lalu.

Dikesempatan itu, Kapolres yang baru dilantik ini mengatakan apel ini merupakan bagian dari mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti balapan liar, bom, atau gangguan kamtibmas lainnya.

Kapolres juga mengingatkan agar personil selalu berpedoman pada SOP yang sudah ada, seperti pada saat melakukan razia kendaraan bermotor dan selalu mengutamakan keselamatan diri.

Paling tidak, lanjut Kapolres, personil harus mengetahui cara bertindak di lapangan sesuai dengan SOP. “Saya mengumpulkan personil operasional untuk menghadapi Kota Palopo sebulan lamanya selama Bulan Suci Ramadan,” tegasnya.

Kapolres juga menyampaikan akan mengamankan Kota Palopo dengan cara pendekatan perventif (pencegahan), sehingga apa yang belum terjadi dapat terhindari (tidak terjadi).

Sebelum personil bubar untuk pelaksanaan tugas di lapangan, Kapolres kembali menekankan agar mengutamakan keselamatan diri, setiap para Kanit, Kasat, Kabag secara berjenjang melaporkan situasi Kota Palopo.

“Saya bersama personil berharap agar masyarakat bekerjasama demi amannya Kota Palopo dari tindak pidana, balapan liar, kamseltibcar lantas,” katanya.

Selain itu, Kapolres berharap kepada seluruh personilnya melakukan tugas dan menginginkan hasilnya setiap hari kepada Kasat dan dilanjutkan kepada Kapolres sebagai bahan personil yang dianggap bekerja dilapangan.

CEK TAHANAN

Pada malam itu, Kapolres juga mengecek ruang tahanan untuk mengetahui lebih dekat keadaan Rutan Polres Palopo.

Dalam pengecekan, Kapolres menekankan kepada yang jaga tahanan, setiap kali harus memeriksa terali besi, plafon, cor ruang tahanan, dan mengecek saluran pembuangan air kamar mandi dan kelancaran kran air pada bak mandi.

Dalam pemeriksaan tahanan ini, Kapolres didampingi KBO Reskrim Polres Palopo, Ipda Siliwadi bersama Ka SPKT Polres Palopo, Aiptu Jumrang, SH.

Kesemua yang dilakukan Kapolres Palopo semata-mata mengantisipasi kaburnya tahanan serta adanya barang barang berbahaya yang tidak boleh dibawa masuk. (him)



Most Popular

To Top
.