Utama

Menpan Minta PNS Jangan Tambah Libur

* Tak Ada Open House Saat Idulfitri, Asosiasi Humas se Luwu Raya Sebut Itu Tradisi

PALOPO — Asosiasi humas se Luwu Raya menanggapi pernyataan Menteri Asman Abnur soal tidak ada open house idulfitri di kalangan PNS. Para kabag humas menyebut kegiatan ini sudah tradisi. Lagian tak menganggu hari kerja. Namun, Menpan tetap mengingatkan PNS jangan tambah libur.

Alsan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur. Open house ini bisa mengganggu. Karena, waktu yang harusnya dimanfaatkan para PNS bersama keluarga di kampung tercurah ke kegiatan ini.

Jadinya, mereka harus bolak balik lagi. Jadi, ini yang dikhawatirkan menteri. Ujung-ujungnya pasti PNS rawan tambah libur. ”Saat open house, PNS otomatis tidak bisa menikmati hari liburnya karena harus masuk. Inilah yang dipangkas era Menteri Yuddy Chrisnandi,” ujar MenPAN Asman Abnur.

Karena sudah diberikan liburan full, lanjutnya, tidak ada lagi ceritanya PNS tambah liburan saat pascalebaran. Begitu hari pertama kerja, semua harus masuk. ”Kalau tidak, ada sanksi yang akan diberlakukan,” ujar Asman, Minggu 28 Mei 2017.

Open house umumnya dilakukan para pejabat.
Kebijakan itu disambut sukacita PNS KemenPAN-RB karena mereka bisa pulkam menghabiskan liburannya bersama keluarga. Budaya ini terus dilanjutkan saat Asman Abnur jadi MenPAN-RB.

“Halalbihalal dilakukan saat masuk kantor. Saya tidak mau dengar bila ada PNS yang absen di hari pertama masuk nanti,” tegas Asman, lagi.

Ansir Ismu, SE, MH, juru bicara asosiasi humas se Luwu Raya, mengatakan, harus dilihat bahwa open house sebagai bentuk silaturahmi. Selama sebulan laksanakan puasa.

”Tapi, kalau memang ada aturan dari kemenPAN, kami akan lapor kepada pimpinan. Dalam hal ini, bupati dan wali kota,” kata Ansir, kepada Palopo Pos, Minggu 28 Mei 2017, malam tadi.

Kata dia, sudah jadi tradisi, usai melaksanakan salat idulftiri, pejabat di Luwu Raya akan melaksanakan open house di rumah jabatan.

Kegiatan tersebut, kata Ansir, tidak mengganggu hari kerja. Karena open house dilaksanakan usai melaksanakan salat idulfitri. ”Kami tetap akan pelajari. Kalau memang sudah diatur, ya pasti daerah akan ikuti,” tambahnya.

Di Luwu Raya, memang sudah terbentuk asosiasi humas. Mulai dari kabag humas Palopo, Lutra, Lutim, dan Luwu.(jpnn-idr/ary)



Most Popular

To Top