Utama

Tugas Lapangan, Polisi Pakai Rompi Anti Peluru

* Pasca Bom Kampung Melayu, Polres Lutra-Lutim Siaga di Terminal dan Bandara

MASAMBA — Pasca teror bom di terminal kampung Melayu, Jakarta Timur, Polres Luwu Utara dan Luwu Timur mulai meningkatkan pengamanan ke terminal, bandara, dan pelabuhan. Anggota yang tugas lapangan dilengkapi dengan rompi anti peluru.

Kapolres Luwu Timur, AKBP Parojahan Simanjuntak, yang dihubungi Palopo Pos, Minggu 28 Mei 2017, kemarin, menjamin teror bom di kampung Melayu tidak akan terjadi di wilayah Kabupaten Luwu Timur.

“Tapi, kami tetap antisipasi. Karena ada instruksi dari Bapak Kapolda. Tetap waspada dan mengimbau kepada masyarakat, supaya bisa lebih peka terhadap lingkungan kita,” ujarnya.

Dikatakan kapolres, apabila ada orang asing yang tidak dikenal dan ada orang yang berbeda pandangan, agar segera melaporkan langsung ke kepolisian atau pemerintah desa setempat.

Selain itu, kepolisian Luwu Timur mendapat instruksi langsung dari kapolda Sulsel, agar fokus dengan tugas, termasuk pengamanan selama bulan suci Ramadan 1438 Hijriah.

“Pesan bapak kapolda untuk kepolisian Luwu Timur, kita harus fokus dengan tugas kita,” ujarnya.
Mengenai anggota yang bertugas di lapangan, yang berpakaian dinas tetap tidak bisa bertugas sendiri-sendiri. Ia akan dikawal oleh anggota yang bersenjata lengkap.

Selain itu, AKBP Parojahan Simanjuntak, menegaskan kepada setiap personil kepolisian harus waspada dan harus melindungi diri dengan rompi anti peluru.

“Tidak bisa kita mengatakan diri kita aman, karena sasaran radikal ini bukan lagi masyarakat tetapi anggota polisi yang berseragam. Kami juga mengimbau kepada anggota agar berdekatan terus dengan anggota yang bersenjata lengkap,” imbuhnya, serius tanpa merinci anggotanya yang bertugas di lapangan.

Saat ini, lanjutnya, ia sudah mengerahkan anggotanya siaga di terminal Malili, bandara, pelabuhan, dan terminal bus jurusan Makassar.

Hal senada juga dikemukakan Kapolres Luwu Utara, AKBP Muh Dhafi. Ia menerjunkan kurang lebih 112 orang personil kepolisian dalam rangka mengamankan fasilitas umum. Seperti bandara, terminal, dan pelabuhan.

”Kami berkomitmen menjaga ketertiban dan keamanan pasca meledaknya bom di terminal kampung Melayu Jakarta,” ujarnya.
Kapolres Luwu Utara menambahkan, saat ini kondisi Luwu Utara dalam terkendali, pasca ledakan bom di Jakarta. ”Semua tempat keramaian kita tingkatkan pengamanan,” paparnya.

Misalnya, terminal, pasar sentral Masamba, Bandar Andi Djemma, Rumah Sakit, serta sejumlah tempat lainnya. ”Anggota juga menggiatkan patroli dan melakukan penjagaan dan pengamanan saat umat islam menjalankan salat tarwih di bulan suci Ramadan hingga perayaan idulfitri nantinya,” terang kapolres Lutra.

Karena itu, imbuhnya, ia mengajak semua komponen masyarakat untuk menjaga stabilitas yang telah baik ini.

PEGAMANAN TERBUKA DAN TERTUTUP

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta operator transportasi bekerja sama dengan TNI dan Polri, serta mengerahkan petugas keamanan internalnya untuk memperkuat pengamanan di area-area strategis baik di terminal bus, pelabuhan, bandara dan stasiun KA.

“Dengan adanya kejadian teror di Terminal Kampung Melayu, saya minta (operator transportasi) bekerjasama dengan TNI dan Polri, serta menyebar petugas keamanan di masing-masing tempat,” pinta Budi.

Dia meminta para petugas keamanan melakukan pemeriksaan, baik secara terbuka maupun secara tertutup.

“Maksudnya secara terbuka yaitu menempatkan petugas yang terlihat menggunakan seragam untuk menunjukkan (kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab) bahwa secara fisik kita siap.

Sedangkan yang tertutup menempatkan petugas yang menyamar dengan pakaian biasa atau tidak berseragam di bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan,” tutur Budi.

Komunikasi melalui video conference dilakukan sebagai sarana pengendalian dan pengawasan keselamatan dan keamanan transportasi pada masa Angkutan Lebaran tahun 2017.

Secara berkala, Budi maupun para dirjen di lingkungan Kemenhub akan melakukan video conference di titik-titik yang potensial terjadi kepadatan pada saat arus mudik maupun arus balik. (jpnn-jun-krim/ary)



Most Popular

To Top