Politik

Fraksi NasDem Ngotot Tolak Revisi UU MD3

Kapoksi NasDem di Baleg DPR RI, Luthfy A Mutty

JAKARTA — Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) secara tegas menolak dilakukannya pembahasan revisi UU MD3 di Badan Legislasi DPR RI.

Hal tersebut disampaikan Ketua Poksi NasDem di Baleg, Luthfy A Mutty dalam siaran persnya, Kamis 28 Desember 2017.

Menurut Luthfy, tidak ada urgensi merubah UU MD3, kalau hanya sekedar menambah pimpinan DPR.

Luthfy menilai, jika UU MD3 saat ini adalah yang terburuk pernah dimiliki DPR. Maka kalaupun perubahan harus ada, haruslah yang komprehensif untuk perbaikan.

Agar pembahasannya obyektif, lanjut mantan Bupati Luwu Utara ini, maka perubahan UU MD3 akan berlaku untuk DPR periode berikut. Bukan untuk DPR periode saat ini.

“Ini mengacu pada praktek yang berlaku di negara-negara demokrasi di dunia, yakni UU yang mengatur tentang lembaga legislatif, diberlakukan untuk keanggotaan legislatif periode berikut. Bukan periode legislatif yg membuat aturan itu,” kuncinya.

Sebelumnya, Badan Legislasi bersama pihak pemerintah segera merampungkan Revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3). Salah satu poin yang akan direvisi ialah penambahan kursi pimpinan DPR.

Anggota Baleg DPR RI F-PDIP Hendrawan Supratikno menyebut memang sudah jatahnya Fraksi PDIP menduduki kursi pimpinan DPR. PDIP, selaku pemenang Pemilu 2014, menurutnya, memang berhak menjadi pimpinan DPR. Revisi akan dilakukan pada masa sidang berikutnya, yang dimulai pada Januari 2018. (idr/fmc)



Click to comment

Most Popular

To Top