Luwu Timur

Material Batubara PT Vale Tumpah di Jalan

MALILI — Material jenis batu bara berkisar 4 kubik yang dimuat oleh kendaraan PT Vale jenis trailer bernomor polisi DD 9444 RX itu tumpah sepanjang 20 meter menutupi setengah badan jalan.

Hal ini lantaran bak belakang tiba-tiba terbuka di jalan poros Malili-Sorowako tepatnya di Km 5 Dusun Balambano Indah, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, hingga mengalami kemacetan arus lalu lintas.

Diketahui, kendaraan tersebut dikemudikan berinisial IL dari arah Malili menuju Sorowako tepatnya lokasi tambang PT Vale.

Pantauan Palopo Pos menyebutkan, kemacetan tersebut tak berlangsung lama setelah pihak PT Vale melakukan evakuasi.

Tak hanya itu terlihat pula pihak Dinas Lingkungan Hidup Luwu Timur melalui bidang penataan dan penaatan melakukan pemantauan.

Kabid Penataan dan Penaatan DLH Luwu Timur, Nasir DJ mengatakan langkah yang dilakukan PT Vale sudah tepat.

Namun disayangkan, sebutnya, ketidak hadiran pihak lingkungan dari PT Vale di lokasi, untuk memastikan bahwa proses pembersihan sudah tepat dilakukan.
Pasalnya, batu bara ini merupakan bagian dari limbah bahan beracun dan berbahaya (B3).

Mudah terbakar di suhu panas, serta berdampak pada pencemaran lingkungan khususnya air bersih ketika batu bara tersebut basah.

“Kami berharap ke depannya PT Vale agar bertindak hati-hati dalam bekerja serta selalu melakukan pengecekan seluruh kelayakan dan kesiapan kendaraan pengangkut material, baik batu bara, belerang dan lain-lain,” tutupnya. (krm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top