Utama

Kotak Kosong Batal

*KPU Palopo Tolak Laksanakan Rekomendasi Panwaslu

PALOPO — Proses panjang kasus mutasi yang dilakukan petahana HM Judas Amir sebelum cuti perlahan hampir mencapai garis finish.

Setelah Panwaslu Kota Palopo mengirimkan surat rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo. Pada, Senin 23 April 2018, kemarin dari pihak KPU Palopo telah menentukan sikap melalui rapat pleno.

Berdasarkan press release KPU Palopo yang diterima Palopo Pos, Senin sore kemarin, terdiri dari dua lembar dalam bentuk pdf yang berisi delapan butir pernyataan. Bernomor 0361/SN-23/PM.00.02/IV/2018 tanggal 17 April 2018, yang diteken oleh Ketua KPU Palopo, Haedar Djidar pertanggal 23 April 2018.

Dalam keputusannya, KPU Palopo menyimpulkan bahwa berdasarkan langkah yang telah ditempuh oleh KPU Palopo pada angka 4 dan 5 diatas disimpulkan bahwa tidak terdapat cukup alasan untuk melaksanakan rekomendasi Panwaslu Kota Palopo nomor 0361/SN-23/PM.00.02/IV/2018 tanggal 17 April 2018 yakni membatalkan Drs HM Judas Amir, MH sebagai Calon Wali Kota Palopo.

Ketua KPU, Haedar Djidar membenarkan penolakan rekomendasi dari Panwaslu terkait pembatalan Judas Amir sebagai peserta di pilwalkot Palopo. Hanya saja Haedar enggan berkomentar banyak terkait putusan yang dilakukan atas rekomendasi Panwaslu Palopo. “Kita tidak ingin berkomentar, silahkan lihat di pres rilis yang sudah kami sebar,” ucapnya, kemarin.

Hal tersebut juga dibenarkan Devisi Teknis KPU Palopo, Syamsul Alam.

“Iya benar, sudah seperti itu keputusannya,” kata Syamsul singkat.

JUARA Lega

Pasangan calon walikota Palopo, Judas Amir, akhirnya bisa bernafas lega setelah rekomendasi Panwaslu yang menyatakan dirinya melanggar ditolak KPU. Rekomendasi Panwaslu terkait pembatalan dalam peserta pemilihan walikota dan wakil walikota Palopo ditolak KPU.
Adapun, Judas Amir diduga melanggar pasal 71 ayat 2 undang-undang nomor 10 tahun 2016 karena melakukan mutasi sesaat dirinya ditetapkan sebagai pasangan calon.

Keputusan KPU terkait rekomendasi Panwaslu dilakukan di kantor KPU Sulsel melalui rapat pleno di Kota Makassar. Pleno ini dihadiri ketua KPU Palopo, Haedar Djidar, serta anggota komisioner lainnya, Faisal Mustafa, Syamsul Alam, Faisal S.Sos dan Muh Amran Annas. Rapat pleno ini berlangsung pukul 10.00 Wita hingga pukul 15.30 Wita.

Terpisah, Tim Kuasa Hukum Juara, Hismah Kahman yang dikonfirmasi mengaku sudah mengetahui kabar dari hasil pleno KPU terkait rekomendasi itu. Bahkan Hismah dari awal meyakini kalau HM Judas Amir tidak melanggar sebagaimana yang dialamatkan Panwaslu Palopo.

“Mutasi yang dilakukan Judas Amir tidak melanggar karena hanya mengangkat Plt,” terang Hisma.(rul/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top