Utama

Terhalang Awan, Lanjut Naik Alphard

*Hendak ke Toraja, Helikopter Mentan “Diver” di Bandara Bua

PALOPO — Menter Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman mendadak muncul dari pintu keluar penumpang Bandar Udara Lagaligo, Bua. Kedatangannya di Luwu bukan bagian rencananya.

Sebenarnya, akan menuju Toraja untuk melakukan panen raya. Tetapi, karena adanya halangan alam, sehingga Mentan harus urungkan sisa perjalanannya dengan melalui darat.

Mentan menggunakan helikopter jenis Puma milik Angkatan Udara Skadron 4 Lanud Hasanuddin saat akan menuju Toraja. Bertolak dari Makassar sekira pukul 10.00 Wita, langsung menuju Toraja.

Namun, sesaat mau memasuki wilayah udara Toraja, pilot helikopter Kapten Sofan Hasani meminta para penumpang yang terdiri dari Mentan Amran Sulaiman, Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono, Aster Kasad Mayjen TNI Supartodi, dan Kabid TI Polda Sulsel untuk tidak melanjutkan ke Toraja karena faktor cuaca.

“Terlalu tebal awannya. Jarak pandang tidak tembus. Ketutupan,”kata pilot helikopter Kapten Sofan Hasani kepada Palopo Pos di Bandara Lagaligo, Bua, Selasa 24 April 2018.

Atas kendala tersebut, maka dicarilah tempat pendaratan alternatif (diver). Tempat yang cocok adalah Bandara Bua. Pukul 11.04 Wita, helikopter kemudian mendarat mulus diatas apron bandara.

“Kami sempat muter-muter dulu diatas. Karena dari ketinggian 8 ribu kaki jadi tidak mungkin langsung turun, harus muter-muter dulu,” ujar pilot Sofan.

Satu-persatu penumpang turun, begitu juga Mentan. Tidak ada penyambutan pejabat daerah. Mobil yang mau digunakan pun belum tersedia.

Dari antrian kendaraan mobil yang akan menjemput penumpang bandara, untung ada mobil Alphard milik Palopo Hotel. Jadilah mobil tersebut disewa untuk mengantar Mentan ke Toraja.

Tanpa pengawalan patwal, mobil yang ditumpangi Mentan melesat langsung ke Kota Palopo. Sebelum belok ke jalan menuju Toraja, Mentan bersama pejabat lainnya dijamu khusus terlebih dahulu Wali Kota Palopo Andi Arwin Azis di Rujab Saokotae. (idr)

Kronologis Helikopter Mentan Mendarat di Bua

1. Sekira pukul 10.00 Wita rombongan Mentan lepas landas dari Lanud di Makassar menuju Toraja.

2. Sesaat akan memasuki Toraja, awan tebal menyelimuti wilayah udara membuat jarak pandang terbatas.

3. Pilot meminta pendaratan alternatif, dipilihlah Bandara Bua.

4. Dari ketinggian 8 ribu kaki, helikopter berputar-putar perlahan turun.

5. Pukul 11.04 Wita mendarat mulus di apron Bandara Lagaligo, Bua.

6. Pukul 11.15 Wita menggunakan mobil hotel menuju Kota Palopo.

7. Mampir di Rujab Wali Kota Palopo.

8. Pukul 11.50 Wita menuju Toraja menggunakan Alphard.

Click to comment

Most Popular

To Top