Caleg DPRD Membludak di Rumah Sakit – Palopo Pos
Luwu

Caleg DPRD Membludak di Rumah Sakit

*Urus Keterangan Sehat dan Tes Urine

BELOPA — Rumah Sakit Batara Guru disesaki calon Anggota Legislatif (Caleg) yang akan mengurus berkas pendaftaran. Di rumah sakit Batara Guru sendiri terdapat tiga berkas pendaftaran yang diurus caleg, yakni surat keterangan sehat Rohani, surat keterangan berbadan sehat dan hasil tes urine narkoba.

“Sejak kemarin (Senin, red) sudah banyak yang datang untuk mengambil surat keterangan, misalnya surat sehat jasmani dan rohani Caleg harus ikut tes terlebih dahulu yang soalnya lebih dari 500 soal,” tandas Hasniati salah seorang perawat RSUD Batara Guru, Selasa 3 Juli kemarin.

Anggota KPU Luwu, Adli Aqhsa kepada Palopo Pos mengatakan sebelumnya untuk pengurusan berkas kesehatan hanya dilakukan di RSUD Sawerigading yang berada di Kota Palopo. Namun KPU Luwu melakukan konsultasi agar pelayanan kesehatan bisa dilakukan di RSUD Batara Guru.

“Hasilnya dibolehkan untuk pemeriksaan kesehatan melalui RSUD Batara Guru, yang penting merupakan rumah sakit milik pemerintah. Jadi bagi caleg yang mengurus berkasnya silahkan ambil disana, bagi yang terlanjur mengurus di RSUD Sawerigading tidak masalah tetap bisa diterima,” ujarnya kemarin.

Selain itu, Adli mengatakan berkas lainnya yang harus dilengkapi oleh caleg yakni SKCK yang dikeluarkan oleh Polres Luwu. “Untuk SKCK harus lewat Polrs, sementara itu surat keterangan tidak pernah dipidana dalam kurun 5 Tahun harus diambil di Pengadilan Negeri Palopo,” jelasnya.

Untuk surat keterangan bebas Narkoba, Adli menjelaskan boleh menggunakan surat yang dikeluarkan oleh BNN maupun oleh Rumah Sakit. “Kalau mau hasilnya lebih akurat tentu lewat BNN, tapi rumah sakit juga boleh,” ujarnya.

Secara terpisah, ketua DPD PKS Luwu, Nasrullah mengatakan jika seluruh caleg dipartainya telah diarahkan untuk mengurus berkas caleg. Ia berharap agar berkas caleg bisa rampung pada tanggal 5 Juli mendatang.

“Teman-teman sejak pekan lalu memang sudah mengurus, semoga semuanya selesai pada tanggal 5 Juli untuk kita evaluasi kelengkapannya,” tegasnya. (fan/him)

Click to comment

Most Popular

To Top